lebanon ashraf rifiBeirut, LiputanIslam.com –  Menteri Kehakiman Lebanon Ashraf Rifi mengundurkan diri setelah melontarkan tuduhan pedas terhadap kelompok pejuang Hizbullah Lebanon terkait dengan pembebasan mantan menteri informasi Lebanon Michael Samaha dari tahanan. Demikian dilaporkan FNA sembari mengutip berita segera dari channel berita al-Jazeera tentang ini, Minggu (21/2).

Ashraf Rifi adalah salah satu tokoh Aliansi 14 Maret yang dekat dengan Amerika Serikat (AS) dan bersimpati kepada Arab Saudi sehingga berseberangan dengan kelompok pejuang Hizbullah yang pro-Suriah dan Iran. Dia meletakkan jabatannya sebagai bentuk protes atas tidak diadilinya Samaha yang dikenal menjalin hubungan dekat dengan Hizbullah.

Dia mengaku akan mengajukan berkas perkara Samaha ke mahkamah internasional Den Haag, dan menuding Hizbullah sebagai penyebab rusaknya hubungan Lebanon dengan Saudi dan negara-negara Arab lainnya.

Pengadilan banding mahkaman militer Lebanon pada 14 Januari lalu menyetujui pembebasan bersyarat  Samaha yang ditahan oleh aparat keamanan Lebanon sejak lebih dari tiga tahun lalu dengan dakwan menjalin hubungan dengan dinas rahasia Israel, Mossad.  Kubu 14 Maret mendukung penahanan ini dan dengan cara ini mereka berharap hubungan Aliansi 8 Maret dengan Hizbullah akan rusak.

Pada tahun 2007, Samaha yang merupakan salah satu tokoh Kristen Lebanon tercantum dalam daftar hitam AS, dan di Lebanon dia ditangkap oleh kalangan pendukung Saad al-Hariri, tokoh kubu 14 Maret, di tengah suasana keterbelahan negara ini dalam menyikapi Suriah.

Ashraf Rifi dalam wawancara dengan Sky News menuding Hizbullah bermaksud mengubah Lebanon menjadi Iran kecil.

“Proses ini harus kita ubah, jangan sampai Hizbullah mencapai tujuannya, dan jangan sampai kita hanya menjadi penonton terealisasinya keinginan Hizbullah ini. Negara manapun yang berpihak kepada Hizbullah pasti akan membentur jalan buntu,” katanya.

Dia juga menyatakan akan terus menentang persenjataan Hizbullah. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL