egypt clashKairo, LiputanIslam.com – Kerusuhan terjadi lagi di Mesir dan dikabarkan telah menjatuhkan dua korban tewas, selain beberapa korban luka. Kerusuhan terjadi di provinsi Fayoum dan Kairo ketika aparat keamanan berusaha membubarkan unjuk rasa massa kelompok Ikhwanul Muslimin. Gate Ahram menyebutkan aparat berusaha membubarkan massa dengan menembakkan peluru timah dan peluru senapan burung.

Sebuah sumber Departemen Kesehatan Mesir mengaku telah mendapatkan informasi mengenai adanya satu korban tewas dalam bentrokan antara simpatisan Ikhwanul Muslim dan aparat keamanan di provinsi Fayoum. Namun sumber itu menyatakan belum ada konfirmasi dari Departemen Kesehatan untuk informasi tersebut.

Laporan lain dari Anadolu menyebutkan bahwa seorang narasumber dari pihak koalisi pro-Mohamed Morsi, presiden Mesir terguling, menyatakan bahwa salah satu anggota Ikhwanul Muslimin meninggal dunia diterjang timah panas ketika ikut berunjuk rasa di kawasan Zaitun, Kairo.

Keterangan yang sama juga didapat oleh al-Jazeera. Menurut al-Jazeera, satu pemuda Mesir tewas dan puluhan lainnya cidera dalam kerusuhan di kawasan Zaitun. Kerusuhan bermula ketika aparat berusaha membubarkan unjuk rasa usai shalat Jumat yang digelar dalam rangka memperingati satu tahun peristiwa kudeta militer terhadap Morsi.

Al-Jazeera juga melaporkan bahwa sehari sebelumnya, empat orang tewas dalam peristiwa unjuk rasa yang diserukan oleh Koalisi Nasional Pro-Legislasi dan Anti Kudeta yang terjadi di kota Iskandaria dan Giza.

Mesir sering dilanda unjuk rasa yang berujung kerusuhan berdarah pasca kudeta Presiden Morsi oleh militer Mesir pimpinan Abdel Fatah al-Sisi yang beberapa waktu lalu terpilih sebagai presiden melalui pemilihan umum. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL