israel tangkap pemuda palestinaKfar Kana, LiputanIslam.com – Polisi Israel telah menangkap 40 warga Palestina di desa Kfar Kana, Israel, sejak Sabtu hingga Minggu (8-9/11). Lembaga pemberitaan Akhbar Falastin melaporkan bahwa dengan adanya penangkapan baru terhadap 17 warga Palestina maka para pemuda, remaja dan anak-anak Palestina yang diringkus Israel dalam dua hari terakhir mencapai 40 orang.

Sabtu lalu, polisi Israel menangkap 23 pemuda Palestina di desa Kfar Kana karena dianggap melanggar ketertiban.

Unjuk rasa di berbagai wilayah pendudukan Palestina meningkat lagi sejak Sabtu lalu akibat gugurnya satu pemuda Palestina Khair Hamdan, 22 tahun, di Kfar Kana. Polisi Israel menyatakan Hamdan terpaksa ditembak karena berusaha menyerang polisi dengan menggunakan senjata tajam, namun dakwaan itu dibantah oleh keluarga korban. Keluarga korban mengatakan Hamdan ditembak dalam keadaan tidak melakukan tindakan provokatif apapun.

Sementara itu, Klub Tawanan Palestina (PPC) menyatakan pasukan Israel telah menangkap sedikitnya 1,300 warga Palestina di Baitul Maqdis sejak Juni 2014, dan 40 persen di antaranya adalah warga di bawah usia 18 tahun.

Mereka ditahan umumnya karena kasus-kasus pelemparan batu, petasan dan bom molotov terhadap sasaran-sasaran Israel.
Pengacara PCC Mufeed al-Haj mengatakan bahwa penangkapan terhadap warga Israel bertambah bukan hanya dari segi jumlah, melainkan juga meningkat dari segi kualitas orang-orang yang ditangkap sehingga semakin menjadi tekanan bagi pihak Palestina.

Berbagai laporan menyebutkan bahwa lebih dari 7,000 warga Palestina tersekap dalam penjara-penjara Israel, dan diperkirakan 2,000 orang di antaranya ditangkap dalam beberapa bulan terakhir. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL