العبيدي يقود "شخصيا" طائرة F16 لقصف "داعش" بالفلوجة+صورةBaghdad, LiputanIslam.com – Menteri Luar Negeri Irak Khaled al-Obaidi memiloti sendiri jet tempur F-16 dalam sebuah operasi serangan terhadap kawanan teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di kota Fallujah, provinsi Anbar, Irak barat, Senin (13/6). Bersamaan dengan dilaporkan sebanyak 500-an anggota ISIS tertangkap ketika berusaha kabur dari Fallujah.

Kantor berita al-Maloomah milik Irak memublikasi beberapa foto aksi Menhan Irak itu. Dalam foto terlihat dia duduk memiloti jet tempur F-16 menjelang lepas landas di sebuah pangkalan udara Balad, Irak, untuk membombardir kawanan ISIS yang masih tersisa dan bertahan di Fallujah.

Sebelumnya di hari yang sama Kementerian Pertahanan Irak menyatakan bahwa al-Obaidi datang ke sebuah pangkalan udara tersebut.
Disebutkan pula bahwa al-Obaidi pada 2015 di halaman facebooknya pernah memosting beberapa foto dirinya ketika memiloti sebuah pesawat tempur untuk menggempur gerombolan teroris ISIS.

Drone ISIS Tertembak Jatuh

Komando Operasi Nineveh menyatakan pasukan Irak berhasil menembak jatuh drone atau pesawat tanpa awak yang digunakan ISIS untuk melakukan pengintaian di desa Kharaib Jabar, distrik al-Qiyarah, selatan Mosul, provinsi Nineveh.

Pasukan Irak Minggu kemarin memulai operasi militer di distrik tersebut dan berhasil membebaskan beberapa desa, termasuk desa Kharaib Jabar.

500-an Anggota ISIS Tertangkap

Kepolisian Irak, Senin (13/6), mengumumkan sebanyak lebih dari 500 anggota ISIS tertangkap ketika berusaha kabur dari Fallujah.

“546 teroris tertangkap ketika berusaha memanfaatkan para pengungsi untuk kabur dari Fallujah. Mereka kebanyakan menggunakan kartu identitas palsu,” ungkap Kepala Kepolisian Provinsi Anbar Hadi Razij sebagaimana dilansir AFP.

Dia menjelaskan bahwa ketika warga sipil di Fallujah mendatang pasukan Irak, kaum remaja, pemuda dan dewasa mereka dipisahkan dari para lansia. Setelah menjalani pemeriksaan, sebagian di antara mereka lolos sedangkan sebagian yang lain ditahan untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Menurutnya, masih ada sekitar 50,000 warga sipil terjebak di pusat kota Fallujah, sedangkan jumlah anggota ISIS yang bertahan di kota ini diperkirakan 1000 – 2500 orang.

Operasi pembebasan Fallujah sudah berlangsung 21 hari, dan kini pasukan Irak terus mendekati pusat kota ini. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL