serdadu isisBaghdad, LiputanIslam.com – Sebuah acara buka bersama (bukber) para anggota kelompok teroris ISIS dikabarkan berubah menjadi tragedi kematian bagi puluhan teroris di Mosul, ibu kota provinsi Ninawa di Irak utara.

Pejabat bidang informasi Partai Demokrasi Kurdistan Irak Said Mamuzini Selasa (7/7) mengatakan, “145 anggota ISIS mengalami keracunan dalam bukber di Mosul hingga 45 orang di antara mereka mati,” ungkapnya, sebagaimana dilansir al-Sumaria News.

Dia menambahkan bahwa belum jelas motif dan penyebab mereka keracunan, namun dia memperkirakan hal ini terjadi karena unsur kesengajaan dari pihak-pihak yang ingin mengganjar ISIS atas kejahatan mereka di Mosul yang diduduki ISIS sejak Juni 2014.

Sementara itu, sumber militer Irak di provinsi Salahuddin menyatakan sebanyak 10 tentara Irak terbunuh dan 25 lainnya menderita luka-luka terkena serangan bom bunuh diri di kota Baiji.

“Tiga orang teroris ISIS berhasil menyusup ke Baiji lalu menyerang pasukan rakyat dan militer dengan cara meledakkan mobil-mobil berbahan peledak yang mereka dapatkan di rumah-rumah kawasan ini,” ungkapnya.

Juru bicara pasukan relawan Irak Ahmad al-Asadi 29 Juni lalu menyatakan kota Baiji yang terletak di utara Tirkit berhasil dibebaskan dari cengkraman ISIS.

Baiji merupakan salah satu kawasan paling vital di Irak karena di sana terdapat instalasi penyulingan minyak terbesar di negara ini. Karena itu Baiji selalu menjadi pertempuran antara pasukan Irak dan ISIS yang ingin menguasainya hingga kota kecil ini sempat beberapa kali jatuh ke tangan ISIS. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL