Damaskus, LiputanIslam.com –   Tentara Suriah sudah hampir mengepung kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) secara total di kota Deir Ezzor, Suriah timur, maupun di beberapa area yang masih dikuasai ISIS di sisi timur Sungai Furat dan bersebelahan dengan kota ini. Namun, serangan kawanan teroris di Rif Damaskus telah menewaskan puluhan tentara Suriah.

Kantor berita Suriah, SANA, melaporkan bahwa tentara Suriah melancarkan operasi militer secara cermat dengan menyasar kubu-kubu pertahanan dan tempat-tempat konsentrasi ISIS di timur laut Deir Ezzor sehingga berhasil menguasai sejumlah titik area menuju desa Hatlah Fauqani setelah menimpakan banyak kerugian pada ISIS.

Tentara Suriah bertempur di dalam sebuah “pulau” yang dikitari sungai Furat melawan kawanan teroris ISIS yang tersisa di kawasan Hawija Sakar, dan berhasil menjatuhkan sejumlah korban tewas dan luka di pihak teroris serta menghancurkan beberapa kubu dan perlengkapan perang teroris.

Dilaporkan pula bahwa sedikit empat teroris  ISIS juga tewas dalam pertempuran di kota Abu Kamal yang berbatasan dengan Irak.

Para aktivis di media sosial menyebutkan terjadi pertempuran sengit antara tentara Suriah dan ISIS di sisi timur Sungai Furat yang telah dicapai tentara Suriah sebelas hari lalu. Tentara Suriah memperkuat posisinya di jalur Deir Ezzor – Basrah yang terletak di sisi timur Sungai Furat.

Para aktivis menyatakan kontak senjata juga mewarnai distrik al-Sinaah dan beberapa kawasan lain di dalam kota Deir Ezzir, dan upaya ISIS memecah kepungan tentara Suriah tetap sia-sia dan malah terjadi perkembangan sebaliknya; tentara Suriah yang didukung serangan udara semakin memperketat kepungan.

Namun demikian, di front lain sebanyak 45 tentara Suriah terbunuh akibat serangkaian serangan dan ledakan bom di Rif Damaskus pada Rabu dan Kamis (27-28/9/2017).

Dilaporkan bahwa 19 tentara di antaranya terbunuh akibat ledakan bom yang dipasang di sebuah bangunan oleh kelompok Failaq al-Rahman dan kelompok-kelompok bersenjata lain di kawasan Ain Tarma, Rif Damaskus, Kamis. (mm/rt)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL