Sanaa, LiputanIslam.com –  Menteri luar negeri Yaman pada “pemerintahan  penyelamatan” yang berbasis di Sanaa, ibu kota Yaman, Hisham Sharaf menyatakan pihaknya sedang menjalani perang diplomatik melawan agresi Arab Saudi dan sekutunya yang “gagal membungkam suara pemerintahan ini” meskipun  Saudi dan sekutunya memiliki kerajaan media yang sangat besar.

Seperti dikutip Ray al-Youm, Kamis (18/5/2017), dalam wawancara dengan al-Alam, Hisham Sharaf menyatakan bahwa pemerintahan penyelamatan dalam kerjanya yang sudah berjalan lima bulan telah berhasil berkomunikasi dengan semua negara dunia, dan semua laporan rinci mengenai agresi Saudi dan sekutunya terhadap Yaman telah disampaikan kepada semua lembaga internasional dan kedutaan besar negara-negara sahabat.

Dia menjelaskan bahwa kementerian luar negeri yang dipimpinannya sejauh ini lebih berfungsi sebagai kementerian perang diplomasi, dan telah membongkar kedok demi kedok Saudi Cs dalam berusaha mencemarkan nama baik pemerintahan penyelamatan Yaman.

Menurutnya, pemerintahan ini tidak membuntuti pihak manapun dan masalah ini juga sudah dijelaskan dalam suratnya kepada PBB.

Dia juga mengakui bahwa semua lembaga dunia telah menjalankan misi kemanusiaannya di Yaman, tapi dia memastikan semua itu masih belum cukup, mengingat besarnya tingkat kerusakan yang terjadi akibat serangan Saudi Cs dan adanya jutaan warga sipil yang mengungsi.

“Saudi sedapat mungkin berusaha menghalangi kerja organisasi-organisasi ini dan merusak misi mereka melalui blokade, intimidasi berkenaan dengan pelabuhan Hudaydah, dan pemboman terhadap konvoi-konvoi pengangkut bahan makanan yang kemudian disusul dengan pretensi bahwa semua ini terjadi akibat kesalahan,” paparnya.

Mengenai status pemerintahannya itu dia menegaskan pihaknya tidak mau mencari pengakuan dari pihak manapun.

“Cukuplah bagi pemerintahan ini pengakuan dari rakyat Yaman sendiri, dan faktanya mengatakan bahwa pemerintahan ini merepresentasikan seluruh rakyat,” katanya. (rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL