Iran Amir-AbdollahianTeheran, LiputanIslam.com –  Wakil Menteri Luar Negeri Iran Urusan Arab dan Afrika Utara Amir Abdollahian menyatakan tidak ada pembicaraan antara Iran dan Amerika Serikat (AS) mengenai isu-isu regional Timur Tengah.

Sebagaimana dilaporkan IRNA, Abdollahian Kamis (11/6) mengatakan bahwa yang ada justru pembicaraan dan kerjasama Iran dengan negara-negara jiran dan sahabat di kawasan, termasuk Arab Saudi, mengenai peningkatan tarafl keamanan regional.

Dia juga menilai berbagai isu dan krisis regional dapat diatasi dengan partisipasi negara-negara regional sendiri.

“Negara-negara regional, termasuk Arab Saudi, dapat memainkan peranan mendasar dan proaktif dalam upaya menegakkan perdamaian, keamanan dan stabilitas di kawasan,” ungkapnya.

Dia menambahkan bahwa operasi militer terhadap Yaman justru dapat menumbuhkan radikalisme, terorisme dan konflik sektarian yang pada gilirannya tidak akan membantu penyelesaian krisis Yaman.

Mengenai perundingan nuklir Iran dengan lima negara anggota tetap Dewan Keamanan PBB dan Jerman (P5+1), Abdollahian mengatakan, “Perundingan Iran dengan enam negara ini terfokus pada program nuklir damai Iran. Kami tidak berunding dengan AS mengenai isu-isu regional.” (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL