Teheran, LiputanIslam.com –  Jubir Kemlu Iran Bahram Qasemi menyebut para pejabat Arab Saudi terlampau tidak tahu malu dalam berinteraksi dengan Iran.

Dia menegaskan bahwa pengaruh “historis” Iran akan tetap terus berlangsung dalam upaya penegakan perdamaian dan keamanan di Timteng, dan semua orang mengetahui negara mana yang menjadi sumber utama teroris dan ekstremis.

Dia juga menyebutkan bahwa Iran adalah negara yang sudah lama memiliki peradaban besar yang pengaruhnya melampaui perbatasan geografisnya.

Sebelumnya, Menlu Arab Saudi Adel Al-Jubeir saat berbicara di Institut Brookings di Washington, Amerika Serikat (AS) menyebut Iran sebagai sumber terorisme, dan Saudi berurusan dengan “campur tangan” Iran di kawasan Timteng sejak revolusi 1979.

Al-Jubeir juga menuding Iran  memasok rudal balistik ke Yaman dengan mengatakan, “Milisi Houthi di Yaman terhubung dengan Iran, mereka telah melakukan kudeta terhadap pemerintah yang diakui secara internasional dan proses perdamaian yang didukung oleh PBB.”

Qasemi balik mengecam serangan udara pasukan koalisi Arab pimpinan Saudi ke Yaman, dan menyebut Saudi sebagai biang kerok kegagalan semua upaya penyelesaian krisis Yaman melalui jalur diplomatik. (mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL