penyelundupan minyak isis

Gambar rute-rute utama penyelundupan minyak ke Turki oleh ISIS versi militer Rusia.

Moskow, LiputanIslam.com – Hubungan Rusia dengan Turki terus memanas sejak peristiwa penembakan jet bomber Rusia oleh angkatan udara Turki pekan lalu. Wakil Menteri Pertahanan Rusia Anatoly Antonov menyatakan bahwa para elit politik Turki, termasuk Presiden Recep Tayyip Erdogan dan keluarganya, terlibat dalam penyelundupan minyak ke Turki oleh kelompok teroris ISIS dari Irak dan Suriah.

“Kami benar-benar yakin … bahwa tujuan akhir minyak curian itu adalah Turki… Sesuai data kami, para pemimpin politik negara ini, termasuk Presiden Erdogan dan keluarganya, terlibat dalam bisnis jahat ini,” katanya kepada wartawan di Moskow, Rabu (2/12), sebagaimana dilansir RT.

Dia menambahkan bahwa Rusia dalam beberapa kesempatan sudah pernah mengingatkan “bahaya bermesraan dengan para teroris”, dan aksi Ankara ini “menambah bensin pada api.”

“Sebuah tim kejahatan yang terpadu dan para elit Turki yang terlibat dalam pencurian minyak dari negara-negara tetangganya sedang beraksi di kawasan. Minyak ini dipasok ke Turki pada skala industri besar melalui pipa apa adanya yang terdiri atas ribuan truk tanker minyak, “terangnya.

Mengenai pernyataan Erdogan bahwa dia siap meletakkan jabatan jika tudingan Rusia itu terbukti, Antonov memastikan Erdogan tidak mungkin menepati janji itu jika terbukti.

“Pimpinan Turki, khususnya Erdogan, tidak akan mengundurkan diri dan tidak akan mengakui apa-apa, bahkan seandainyapun muka mereka akan berlumur minyak curian,” tegasnya.

Dia juga menandaskan, “Kami tahu nilai sebenarnya dari perkataan Erdogan. Dia sudah ketahuan berbohong oleh wartawan Turki, yang menemukan suplai senjata dan amunisi untuk teroris oleh Turki dengan kedok konvoi kemanusiaan. Karena melakukan hal ini, para wartawan itu dipenjara.” (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL