pasukan irak01Baghdad, LiputanIslam.com – Kementerian Pertahanan (Kemhan) Irak Rabu (31/12/2014) mengumumkan bahwa 100 anggota kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) tewas dan sebanyak 250 bom berhasil dijinakkan dalam peristiwa pembebasan sebuah kawasan yang terletak di timur kota Fallujah, provinsi Anbar, dari tangan ISIS.

“Para pejuang dari Divisi Reaksi Cepat I yang didukung pesawat Angkatan Udara serta relawan gagah berani berhasil membersihkan sepenuhnya kawasan al-Ma’amil di barat daya al-Karmah dari noda gerombolan teroris ISIS setelah pelaksanaan sebuah operasi proaktif,” ungkap Kemhan Irak, sebagaimana dilansir al-Sumaria News, Kamis kemarin (1/1/2015).

Kemhan Irak menambahkan, “Operasi itu menewaskan 100 teroris ISIS, menjinakkan 250 bom, menghancurkan 15 mobil pengangkut personil dan meledakkan dua bom mobil yang hendak menyerang satuan-satuan militer kami yang gagah berani.”

Masih di provinsi Anbar, Malulllah al-Obeidi, Ketua Perwakilan Rakyat Daerah al-Baghdadi Kamis kemarin menyatakan 20 anggota ISIS tewas dalam pertempuran dengan pasukan keamanan Irak di barat kota Ramadi.

“Pasukan Keamanan yang didukung para pasukan adat pagi hari ini terlibat kontak senjata dengan para anggota teroris ISIS di desa al-Jazirah di timur laut kawasan al-Baghdadi (90 km barat Ramadi), mengakibatkan 20 anggota organisasi itu tewas,” katanya.

Di kawasan lain, Komando Operasi Samarra Mayjen Imad al-Zuhairi mengumumkan bahwa pasukan keamanan berhasil membebaskan sejumlah kawasan di selatan Samarra dalam sebuah operasi yang menimpakan banyak kerugian di pihak ISIS.

“Pasukan militer Komando Operasi Samarra yang didukung relawan berhasil membebaskan beberapa kawasan dan desa Tayul al-Khidir, Rumailat, al-Kabban serta beberapa desa di dekat Sungai Tigris di sekitar distrik al-Mu’tasim, 22 km selatan Samarra’,” ungkapnya.

Dia menambahkan bahwa pasukan keamanan Irak telah menimpakan kerugian besar di pihak pasukan ISIS.

Selasa lalu (20/12/2014) otoritas kemanan Irak mengumumkan bahwa tentara dan relawan Irak berhasil membebaskan sepenuhnya kawasan Dhuluiyyah, 80 km selatan Tikrit, dari cengkaraman ISIS serta memecah blokade kelompok ini terhadap warga suku setempat setelah pasukan ISIS berbondong-bondong kabur meninggalkan lokasi. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*