pasukan irak01Baghdad, LiputanIslam.com – Kementerian Pertahanan Irak mengumumkan pasukan negara ini berhasil merebut kawasan al-Mu’tasim di provinsi Salahudin, di bagian utara Irak, dan sebanyak 51 teroris anggota kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) tewas di dua provinsi Salahudin dan Anbar, bagian barat Irak.

“Pasukan komando Operasi Samarra dan Divisi Infantri Mekanik ke-5 yang didukung beberapa pesawat tempur berhasil merebut kembali kawasan al-Mu’tasim,” ungkap Kemhan Irak dalam siaran persnya Selasa (9/12), sebagaimana dilaporkan Anatolia.

Kemhan Irak menambahkan bahwa dalam operasi pembebasan itu sebanyak 15 anggota ISIS tewas dan enam kendaraan mereka, tiga di antaranya membawa senapan mesin tunggal, hancur.

Dilaporkan pula bahwa dalam peristiwa lain 22 anggota ISIS juga tewas dan dua kendaraan mereka hancur di kawasan Sur Shanas di jalur Samarra, provinsi Salahudin, akibat gempuran pasukan Irak dari Resimen 2 Brigade Infanteri 52 Divisi 14.

Selain itu, 14 petempur ISIS juga terbunuh setelah dipantau dari kawasan Hayakil di pinggiran timur kota Fallujah, provinsi Anbar.

Laporan lain dari seorang pejabat pemerintah daerah Mosul yang dikutip al-Youm al-Sabea menyebutkan bahwa ISIS telah meledakkan gedung pemerintahan provinsi dan wali kota Mosul.

Pejabat itu mengatakan dua bangunan itu semula dipakai sebagai tempat-tempat pertemuan para petinggi ISIS tapi sekarang diledakkan agar di kemudian hari tidak bisa dipakai oleh pemerintah Irak jika pasukan negara ini berhasil menguasai Mosul.

Aksi peledakan itu tak pelak dinilai para pemerhati sebagai pertanda jatuhnya mental ISIS dan keterdesakan mereka dalam pertempuran, karena seandainya ISIS merasa akan dapat bertahan lama maka tidak mungkin mereka sekarang melakukan aksi penghancuran fasilitas sedemikian rupa.

Dilaporkan pula bahwa ISIS telah mengeksekusi seorang “wali”-nya di kota Mosul yang dituduh telah berkhianat.

Sementara itu, al-Sumaria melaporkan tiga orang terbunuh dan 14 lainnya cidera akibat ledakan empat peluru mortir yang ditembakkan oleh kawanan teroris terhadap kawasan Kadhimain di utara Baghdad.

Dalam peristiwa lain, empat orang juga tewas dan 11 lainnya luka-luka terkena ledakan bom di kawasan al-Dawanim di selatan Baghdad. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL