مقتل 20 قيادياً بـ"داعش" بينهم خمسة بارزون غربي الأنبارBaghdad, LiputanIslam.com –  Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) Irak, Jumat kemarin (29/5), mengumumkan 20 komandan ISIS yang sebagian besar adalah warga negara asing dan lima di antaranya merupakan komandan terkemuka teroris, terbunuh di kawasan barat provinsi Anbar.

Seperti dilansir al-Sumaria News, Kemdagri Irak dalam statemennya menyatakan, “Sel Elang Badan Intelijen berhasil membunuh 20 komandan teroris ISIS di kota al-Qaim di bagian barat Anbar. Satu di antara mereka adalah komandan (ISIS) berkewarganegaraan Inggris.”

Kemdagri Irak menambahkan, para komandan ISIS yang tewas itu antara lain Abu Ishak, petinggi ISIS di bidang serangan bunuh diri dalam Batalyon al-Battar, Abu Talhah al-Libi yang bertanggungjawab mengatur kawanan teroris yang datang dari Afrika utara, Abdul Halim al-Shishani, mantan komandan Batalyon al-Shishan (Cechnya) yang kini memimpin Batalyon al-Inghimasi, Abu Hammam penanggungjawab bidang suplai senjata untuk anggota ISIS asal beberapa negara Eropa, dan Yasir warga Irak yang menjadi buronan pasukan Irak dan merupakan pemandu ISIS di Anbar.

Sementara itu, Alalam dan beberapa media Irak melaporkan bahwa Sekjen PBB Ban Ki-moon dalam sidang Dewan Keamanan PBB Jumat kemarin menyatakan prihatin karena sebanyak 125,000 ekstrimis dari 100 negara dunia telah pergi ke Irak dan Suriah dan menjadi anggota ISIS.

Disebutkan bahwa menurut Ban, usia mereka berkisar antara 15 hingga 35 tahun, dan terjadi peningkatan 70 persen volume kepergian para ekstrimis ke Irak dan Suriah sejak pertengahan tahun silam.

Sehari sebelumnya, Dewan Keamanan PBB menyatakan dewasa ini terdapat sekitar 30,000 petempur asing di barisan ISIS, dan mereka datang dari 100 negara, terutama Afghanistan dan Libya serta Irak dan Suriah sendiri. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL