Sanaa, LiputanIslam.com – Kelompok militan Failaq al-Rahman mulai keluar dari kota Douma di Ghouta Timur, privinsi Damaskus, Minggu (1/4/2018).

Mereka keluar dari kota yang menjadi sarang terakhir militan itu sebagai hasil kesepakatan mereka dengan tentara Suriah melalui mediasi Rusia.

Evakuasi mereka dari Douma dilakukan sehari setelah berbagai kelompok militan lain meninggalkan kota Arbin, Ein Tarma, Jobar dan Zamalka sesuai kesepakatan mereka  dengan Pusat Rusia untuk Perdamaian dan Rekonsiliasi Suriah.

Perjanjian itu juga memungkinkan militan yang terluka dan keluarga mereka pergi ke daerah yang dikuasai militan di provinsi Idlib di bagian barat laut Suriah.

Pusat  Rusia tersebut mengumumkan militan kelompok teroris Failaq al-Rahman telah sepenuhnya ditarik dari Ghouta Timur, Minggu.

Sebelumnya di hari yang sama, pusat itu melaporkan bahwa total 153.140 orang, termasuk lebih dari 40.000 militan dan anggota keluarga mereka, telah dievakuasi dari berbagai daerah Ghouta Timur selama operasi delapan hari.

“Sebanyak 41.126 militan dan anggota keluarga mereka telah dikawal dari daerah pemukiman Arbin, Jobar, Ein Tarma dan Zamalka,” ungkap komandan pusat itu, Mayjen Yuri Yevtushenko.

Dia juga mengatakan bahwa mereka direlokasi ke daerah pemukiman Qalaat al-Madiq, di zona de-eskalasi Idlib. (mm/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL