demo kurdi turki2Ankara, LiputanIslam.com – Dua perwira polisi tewas dan satu komandan polisi lainnya menderita luka parah akibat serangan di provinsi Bingol di bagian timur Turki, Kamis kemarin (9/10), sementara jumlah korban tewas di pihak pemrotes anti sikap pemerintah Turki terhadap serangan teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) ke Kobane, Suriah, terus membengkak.

Menurut laporan Reuters, beberapa polisi itu diserang di pusat kota Bingol oleh sekelompok orang ketika mereka sedang memeriksa beberapa toko yang rusak akibat akibat kerusuhan dalam peristiwa unjuk rasa yang terjadi dalam beberapa hari terakhir. Belum ada laporan lebih lanjut mengenai insiden itu, dan tidak ada kelompok yang menyatakan bertanggungjawab atas serangan tersebut.

Sebelumnya, ribuan warga Kurdi Turki turun ke jalan-jalan di beberapa kota termasuk Diyarbakir, Madrin, Siirt, Van, Mus, dan Batman. Mereka memrotes pemerintah Ankara yang mereka nilai sengaja tidak mau membantu mencegah jatuhnya kota Kobane ke tangan pasukan teroris ISIS. Sebagai sesama Kurdi, mereka sangat peduli dan turut mencemaskan kondisi kota Kobane yang dihuni oleh warga Kurdi Suriah di wilayah perbatasan Turki-Suriah.

Hingga Kamis kemarin  jalanan di berbagai kota Turki yang dilanda kerusuhan itu sempat tenang, tapi kemudian kemudian terjadi bentrokan lagi di bagian timur dan tenggara Turki. Empat orang tewas dan 20 lainnya cidera akibat bentrokan di kota Gaziantep yang terletak di dekat perbatasan Turki-Suriah.

Menurut laporan IRNA, akibat kerusuhan di Turki sejauh ini sebanyak 32 orang tewas, 187 orang cidera, dan 367 orang ditangkap. Selain itu, sebanyak 124 bangunan milik pemerintah dan tempat-tempat perdagangan serta 34 pusat pendidikan rusak.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengecam keras kerusuhan yang melanda beberapa kota Turki menyusul kepungan ISIS terhadap Kobane. Sebagaimana dilaporkan Alalam, dia menyatakan ada pihak-pihak tertentu yang sengaja memancing kekerasan untuk menggagalkan proses perundingan damai antara pemerintah Turki dan warga Kurdi di negara ini.

Dia mengaku pihaknya tidak akan menoler ancaman dan teror terhadap perdamaian dan stabilitas Turki, dan karena itu otoritas keamanan akan melakukan tindakan yang diperlukan dalam menghadapi para pemrotes Kurdi. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL