Khartoum, LiputanIslam.com –  Menteri Pertahanan Sudan Jenderal Ahmed Awad Ibn Auf mengundurkan diri sebagai kepala dewan pemerintahan militer setelah puluhan ribu orang berunjuk rasa menuntut pembentukan pemerintahan transisi yang dipimpin oleh tokoh sipil.

Jenderal terkemuka yang telah memimpin penggulingan Omar al-Bashir  itu mengumumkan pengunduran dirinya dalam pidato singkat yang disiarkan langsung di televisi pemerintah.

“Saya, kepala dewan militer, mengumumkan bahwa saya menyerahkan jabatan ini,” ungkap Ibn Auf Jumat (12/4/2019), hanya selang sehari setelah pelantikannya sebagai kepala dewan pemerintahan transisi.

Dia menambahkan, “Ini adalah untuk kepentingan bangsa kita, tanpa harus memandang kepentingan khusus, besar atau kecil, yang dapat menghambat kemajuannya. Saya ingin merekomendasikan agar Anda bekerja sama dan mencapai solusi dengan sangat cepat. ”

Dia kemudian menunjuk Letjen Abdel Fattah Burhan, Kepala Staf Angkatan Darat, sebagai penggantinya.

Al-Bashir sendiri ditahan tetapi pihak militer telah secara tegas menolak tindakan apapun uyang bertujuan mengekstradisinya untuk menghadapi tuntutan Mahkamah Pidana Internasional di Den Haag.

Para pengunjuk rasa di Khartoum menyambut gembira pengunduran diri Ibn Auf  dengan bersorak sorai. (mm/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*