jubir kemlu iran hossein jaberi ansariSanaa, LiputanIslam.com – Hubungan Iran – Arab Saudi tampak kian memburuk. Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Iran menyatakan kedutaan besar (kedubes)-nya di Sanaa, ibu kota Yaman, terkena serangan udara Saudi hingga menyebabkan banyak kerusakan pada fisik bangunan serta terlukanya sejumlah petugas keamanan yang menjaganya.

Juru bicara Kemlu Iran Hossein Jaberi Ansari mengutuk keras serangan tersebut dan menuding Saudi melakukannya dengan sengaja.

“Tindakan yang dilakukan pemerintah Saudi dengan sadar dan sengaja ini melanggar semua konvensi dan ketentuan hukum internasional di bidang pengindahan keamanan dan keterlindungan tempat-tempat diplomatik dalam kondisi apapun. Pemerintah Saudi bertanggungjawab atas tindakan ini dan atas ganti rugi kerusakan bangunan serta korban luka pekerja Kedubes ini,” ungkapnya, Kamis (7/1), sebagaimana dilansir IRNA.

Dia menegaskan bahwa Iran tentu akan menggunakan haknya untuk memperkarakan serangan udara tersebut.

Menurut IRNA, serangan yang menimpa Kedubes Iran di Yaman itu terjadi Rabu malam (6/1) dan menyebabkan banyak kerusakan pada dinding bangunan Kedubes. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL