bandar qadir saudiMekkah, LiputanIslam.com – Aksi dokter Arab Saudi ini tergolong nekat. Sebab, meskipun berada di sarang Wahabisme, dia tak segan-segan mengritik Wahabisme melalui jejaring sosial. Dia bahkan mendukung Presiden Suriah Bashar al-Assad yang sangat dimusuhi oleh rezim Riyadh dan kaum Wahabi secara umum.

Akibatnya, sebagaimana dilaporkan situs berita al-Ahed, dokter spesialis penyakit dalam dan darah bernama dr. Bandar bin Abdul Kadir dan Muhammad bin Kadir ini dicopot dari jabatannya sebagai Direktur Rumah Sakit Arafah Timur, Mekkah al-Mukarramah, pada Rabu lalu (11/2/2015).

Direktur Dinas Kesehatan kota Mekkah tidak menyebutkan sebab mengapa dia dipecat. Namun banyak kalangan mengetehui bahwa dr. Bandar pernah menebar kicauan di media sosial Twitter berisikan kecaman terhadap Wahabisme serta dukungan kepada sepak terjang Bashar al-Assad dalam menumpas para teroris.

“(Rezim Saudi) adalah dinasti yang menjadikan Wahabisme sebagai tirai untuk menutupi legitimasinya…Pada hakikatnya mereka seperti ‘dinasti-dinasti inklusiv’ lainnya,” kicau Bandar dalam akun twitter @freetizen, sebagaimana dikutip situs Zamanalwsl.

Mengenai Presiden Suriah dia menuliskan, “Bashar al-Assad adalah presiden yang sah bagi Suriah.” Dia juga menyebut pasukan Suriah sebagai pahlawan dan menilai milisi Hizbullah tidak melakukan kejahatan apapun di Suriah. Dia berharap ada banyak bom tong lagi yang diledakkan terhadap para pemberontak dan teroris Suriah.

Kecauannya di Twitter tak pelak mendapat kecaman dari kalangan Wahabi sehingga ada yang menyebutnya sebagai orang sakit yang hendak menyembuhkan orang lain. Mereka meminta otoritas Saudi supaya memecat atau setidaknya mengingatkan Bandar. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL