suriah salat jumat di homsHoms, LiputanIslam.com – Warga Kota Lama Homs akhirnya dapat menyelenggarakan shalat Jumat untuk pertama kalinya sejak keamanan kota ini pulih di tangan tentara Suriah, Jumat (16/5). Di kota ini shalat Jumat di Masjid Khaled bin al-Waled diikuti oleh para anggota Komisi Dialog Nasional serta para tokoh masyarakat dan keagamaan dari berbagai kalangan.

Gubernur provinsi Homs Talal al-Barazai menyatakan bahwa shalat Jumat itu sekaligus menandai pulihnya keamanan dan stabilitas kota Homs. Dia menambahkan sesuai pengarahan Presiden Bashar al-Assad, pihak berwenang bekerja keras untuk memulihkan sektor-sektor pelayanan dan memfasilitasi kembalinya penduduk setempat yang masih berada di luar.

Pihak non-Muslim juga turut mengungkapkan kegembiraannya atas perkembangan situasi Homs setelah sekian lama kota ini menjadi pusat pemberontakan Suriah. Uskup Agung Kristen Ortodok Suriah di Homs dan Hama Selwanos Boutros Alnemeh mengespresikan rasa syukur dan hormat atas besarnya pengorbanan tentara Suriah demi negara. Namun demikian, dia menyatakan perjalanan masih panjang untuk kota Homs.

“Kami masih berada di pertengahan jalan, karena ‘jihad pembangunan’ tak kalah pentingnya dengan perang melawan terorisme,” ujar Alnemeh sambil mengingatkan pentingnya pilpres Suriah bagi masa depan negara ini.

Sementara itu, tentara Suriah hingga kini masih menggalakkan operasi penumpasan pemberontak dan militan teroris di berbagai kawasan. Di kawasan sekitar Homs sendiri, misalnya, tentara Suriah mengaku berhasil menggagalkan upaya penyusupan kawanan teroris dari kawasan peternakan al-Waar, mengakibatkan beberapa orang di antara mereka tewas dan luka-luka serta menghancurkan peralatan mereka.

Selain itu, tentara Suriah juga menyerang sarang-sarang persembunyian militan di selatan desa Rahoum yang terletak sisi timur kota Homs, serta beberapa desa lain yaitu Taldo, al-Khaldiyeh, al-Daar al-Kabera, Talbiseh and al-Rasatan, mengakibatkan sejumlah militan tewas. (mm/sana)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL