bendera isis terbalikBaghdad, LiputanIslam.com –  Tentara Irak yang didukung pasukan rakyat berhasil membebaskan kawasan Jabbah dari tangan pasukan teroris ISIS, sementara salah satu orang terdekat dengan gembong ISIS Abu Bakar al-Baghdadi, Abu Ikrimah al-Shishani, dilaporkan menemui ajalnya dalam pertempuran di kawasan lain.

Naji al-Arak, pejabat pemerintah lokal di al-Baghdadi, provinsi Anbar, sebagaimana dilansir al-Masalah, Selasa (30/6), mengatakan, “Hari ini kawasan Jabah di utara al-Baghdadi berhasil dibebaskan. Pasukan Irak dan relawan sudah menguasai penuh kawasan ini.”

Dia menambahkan, “Pergerakan maju tentara dan relawan membuat kawanan teroris hengkang dari dalam kota.”

Secara lebih rinci dia menjelaskan, “Pagi hari ini operasi militer dimulai secara masif, dan pasukan Irak Divisi 16 dengan dukungan pasukan adat dan relawan serta dengan koordinasi angkatan udara berhasil membebaskan kawasan Jabah.”

Mengenai jumlah para anggota ISIS yang tewas dia menyebutkan puluhan orang. Selain itu juga ada beberapa anggota ISIS lain yang luka-luka yang sebagian di antaranya berhasil melarikan diri dari medan pertempuran.

Sementara itu, Abu Ikrimah al-Shishani yang merupakan salah satu orang terpenting pemimpin ISIS, Abu Bakar al-Baghdadi, tewas di provinsi Salahuddin.

Menurut laporan Iraq Press, orang penting ISIS asal Cechnya itu terbunuh dalam pertempuran di sekitar lapangan minyak Alas di bagian timur provinsi Salahuddin.

Jabar al-Maamouri, salah seorang komandan pasukan relawan Irak di provinsi Diyala kepada media mengatakan, “Pasukan keamanan yang didukung relawan terlibat kontak senjata dengan kawanan teroris di sekitar lapangan minyak Alas, mengakibatkan tiga teroris ISIS, satu di antaranya Ikrimah al-Shishani, tewas.”

Menurutnya, Ikrimah adalah komandan operasi militer ISIS di kawasan Salahuddin.

“Kematian Ikrimah merupakan satu pukulan baru bagi kelompok teroris ISIS karena telah kehilangan salah satu petingginya dalam operasi yang sedang berlangsung di sebagian wilayah provinsi Salahuddin, termasuk Baiji dan wilayah sekitar lapangan minyak Alas dan Ajil,” sambungnya.

Dua lapangan minyak itu menjadi salah satu lokasi yang paling diincar ISIS sehingga sesekali mereka melancarkan serangan ke sana untuk merebutnya. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL