wanita-mosulBaghdad, LiputanIslam.com –  TV al-Iraqiya, Minggu (13/11/2016), menayangkan penggalan video aksi puluhan perempuan Mosul, Irak utara, mencopoti pakaian serba hitam yang diwajibkan oleh kelompok teroris takfiri ISIS bagi kaum wanita di Mosul. Mereka kemudian membakari pakaian tersebut sambil bersuka ria atas keberhasilan pasukan Irak membebaskan daerah mereka di Mosul.

TV milik pemerintah Irak itu menyebutkan bahwa puluhan wanita itu kembali mengenakan pakaian Islami warna-warni seperti yang mereka kenakan sebelum ISIS menduduki Mosul pada tahun 2014.

Mereka melakukan aksi bakar pakaian ala ISIS ini bersama anak-anak kecil untuk menanda sukacita mereka atas kaburnya ISIS dari daerah tempat tinggal mereka.

Komandan operasi pembebasan Mosul Mayjen Najm al-Jabouri bersumpah untuk menamatkan riwayat ISIS.

“ISIS sudah kalah, dan rakyat berhasil mematahkan harapan para teroris dan orang-orang yang berpikir bahwa pasukan Irak tak sanggup menyerbu Mosul,” katanya kepada wartawan IRNA di Arbil.

Dia mengakui bahwa belakangan ini gerak maju pasukan Irak melambat, tapi dia memastikan hal itu semata-mata demi menghindari jatuhnya korban dari pihak sipil di Mosul.

“Kami berperang melawan ISIS di sebuah kota yang masih ditinggali oleh 1,5 juta penduduk,” lanjutnya.

Al-Jabouri juga mengatakan bahwa kota kono Nimrud di distrik Hamdaniyah di tenggara Mosul sudah dikendalikan secara penuh oleh pasukan Irak.

Hal itu dia katakan setelah pasukan Irak di bagian timur Mosul terus bergerak maju dan membebaskan dua daerah bernama RPG dan Qadisiah II.

Di pihak lain, kawanan teroris ISIS berusaha menahan gerak maju pasukan tank dan mobil anti pelu pasukan Irak dengan memasang barikade beton di jalanan dan mengerahkan para sniper yang beraksi dari balik lubang-lubang dinding bangunan.

Komandan operasi militer Irak lainnya, Marjen Abdul Amir Rashid Yaraallah, menyatakan pasukan Irak sedang berusaha menembus dua kawasan al-Bakar dan Aden di bagian barat Mosul. (mm/raialyoum/irna/alsumarianews)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL