Ankara, LiputanIslam.com –  Rekaman audio terkait dengan pembantaian jurnalis Saudi Jamal Khashoggi – yang secara luas diyakini telah diperintahkan oleh Putra Mahkota Mohammed bin Salman – diperkirakan akan dirilis minggu ini, dan akan “mengguncang” dunia “dan” menjungkirkan istana Saudi. ”

Ketua redaksi koran Turki Yeni Safak, Ibrahim Karagul, dalam artikelnya yang dimuat Selasa (20/11/2018) menyebutkan keharusan adanya “bukti baru” mengenai instruksi pembunuhan Khashoggi di Istanbul beserta lembaga yang terlibat dengan persiapan dan eksekusinya.

“Hari ini atau minggu ini tampaknya menjadi waktu yang paling tepat untuk melakukan ini,” katanya.

Dia menjelaskan, “Percakapan di antara para pembunuh, percakapan mereka dengan Riyadh setelah melakukan pembunuhan, merupakan percakapan yang akan membuktikan bahwa Putra Mahkota Saudi (Mohamed binSalman) adalah orang memberikan perintah secara langsung.”

Ia juga mencatat bahwa bocoran yang ada bisa jadi akan berimplikasi pada Abu Dhabi, Kairo, Tel Aviv dan Washington terkait dengan kasus pembunuhan ini.

Ibrahim Karagul menilai bukti baru itu akan mengekspos kemungkinan keterlibatan Uni Emirat Arab (UEA), peranan intelijen Mesir, dan bahkan intelijen Israel dan atau AS.

“Informasi semacam ini akan mengguncang dunia, menyebabkan getaran di kawasan itu, membuat istana Saudi terbalik, dan menciptakan situasi baru dalam tatanan kekuatan di kawasan itu,” tambahnya.

Laporan Reuters itu juga menekankan bahwa poros AS-Israel-Arab Saudi-UEA merusak bukti demi  menyelamatkan Bin Salman, sementara Bin Salman tidak dapat lagi dilindungi dari dampak pembunuhan Kashoggi, dan upaya untuk menutup-nutupi kasus akan sia-sia belaka. (mm/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*