pantai yamanSanaa, LiputanIslam.com – Sedikitnya 70 warga negara Ethiopia tewas akibat cuaca buruk di perairan Yaman di Laut Merah yang menenggelamkan kapal yang digunakan para penyelundup untuk membawa imigran gelap menuju Yaman.

Otoritas keamanan Yaman di provinsi Taiz, sebagaimana dilaporkan Reuters, mengatakan bahwa sebuah kapal kecil yang mengangkut 70 imigran Ethiopia tenggelam akibat angin kencang dan ombak besar di perairan dekat pelabuhan al-Makha, Yaman, Sabtu sore (6/12).

Peristiwa kapal tenggelam di Laut Merah ini merupakan yang kesekian kalinya dengan korban imigran asal Benua Afrika.

Bulan Maret lalu sedikitnya 42 imigran gelap asal Afrika juga tewas ketika berusaha menyebrang ke Yaman.

Oktober lalu, Komisi Tinggi Urusan Pengungsi Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNHCR) menyatakan lebih dari 200 orang tewas dalam upaya yang sama sepanjang tahun 2014.

Yaman memang menjadi batu loncatan bagi puluhan ribu imigran Afrika untuk masuk ke negara-negara Arab lain di sekitar Yaman, termasuk Arab Saudi dan Oman, dengan harapan dapat menyabung nasib.

Naifnya, perahu atau kapal yang mereka tumpangi untuk menyebrang ke Yaman selalu tidak memenuhi standar keamanan dan terlalu banyak membawa penumpang hingga melebihi kapasitas. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL