Iran-helicopter-carrierTeheran, LiputanIslam.com – Angkatan Laut (AL) Iran tampaknya bukan main-main dalam menunjukkan eksistensinya di perairan internasional. Komandan AL Iran Laksamana Siyavash Jarreh mengumumkan bahwa Armada ke-30 AL Iran telah menyelamatkan sebuah kapal tanker minyak India dari serangan perompak atau bajak laut di Laut Merah.

“Kapal tanker minyak Jok Jok asal India telah diserang oleh tujuh kapal perompak di Laut Merah pagi ini, namun mereka gagal akibat adanya tindakan tepat waktu oleh Armada ke-30,” ujar Laksamana Jarreh Minggu (4/5/2014).

Dia menambahkan bahwa tidak ada kerusakan pada kapal tanker India akibat serangan tersebut sehingga dapat melanjutkan pelayaran dengan aman.

AL Iran intensif melakukan patroli di Teluk Aden sejak 2008, yaitu setelah perompak Somalia berhasil membajak kapal kargo MV Delight yang dicarter Iran di lepas pantai Yaman.

Sesuai resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), setiap negara dapat mengirim kapal perangnya ke Teluk Aden dan perairan lepas pantai Somalia untuk menumpas aksi pembajakan. Kapal perang itu bahkan diperbolehkan masuk ke perairan Somalia untuk memburu perompak, tetapi dengan terlebih dahulu memberitahukan kepada pemerintah Somalia.

Teluk Aden yang menghubungkan Samudera Hindia dengan Terus Suez dan Laut Mediteranian menjadi jalur yang sangat vital, terlebih lagi karena minyak dari Teluk Persia dikapalkan ke negara-negara Barat melalui Terusan Suez. (mm/fna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL