serangan saudi ke yaman4Sanaa, LiputanIslam.com – Pemandangan mirip di Jalur Gaza terjadi Yaman. Bedanya, jika di Jalur Gaza orang-orang Arab terbunuh akibat serangan udara kaum Yahudi Zionis, di Yaman orang-orang Arab terbunuh akibat serangan udara pasukan Arab sendiri.

Organisasi internasional Dokter Lintas Batas (Médecins Sans Frontières/MSF) menyatakan sedikitnya 15 orang terbunuh dan 30 lainnya menderita luka-luka akibat serangan udara pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi terhadap kamp pengungsi al-Mazrak, provinsi Hajja di barat laut Yaman, Senin (30/3/2015)

“Ini adalah serangan udara,” kata manajer MSF program Timur Tengah, Pablo Marco, sebagaimana dilansir AFP.

Marco mengatakan sebanyak 500 keluarga baru berdatangan ke kamp tersebut dalam dua hari terakhir.

Sementara itu, laporan yang tersiar belakangan dari organisasi internasional lainnya menyebutkan jumlah korban yang jauh lebih besar. Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) menyatakan sebanyak 45 pengungsi terbunuh, dan 65 lainnya luka-luka di kamp itu akibat gempuran udara Saudi Cs.

Juru Bicara IOM Koel Millman mengatakan kepada AFP bahwa organisasi ini memiliki 75 staf untuk menangani para korban.
Kamp Al-Mazrak menampung para pengungsi Yaman sejak 2009. Mereka adalah korban yang terpaksa meninggalkan tempat tinggal mereka akibat konfrontasi antara kelompok al-Houthi (Ansarullah) dan pemerintah.

Seorang narasumber kesehatan Yaman kepada Anatolia memastikan bahwa di antara para korban serangan di kamp yang menampung sekitar empat ribu pengungsi itu adalah anak kecil dan kaum perempuan.

Dia juga mengatakan bahwa korban luka akibat serangan membabi buta itu mencapai 250 orang,

Seperti ketahui, pasukan koalisi Arab pimpin Saudi melancarkan serangan udara dengan sandi “Badai Mematikan” ke Yaman sejak 26 Maret lalu. Sejauh ini serangan itu telah menjatuhkan korban jiwa sekitar 100 orang, termasuk perempuan dan anak kecil. Mereka menyerang Yaman dengan dalih demi membela “presiden yang sah” Abd Rabbuh Mansur Hadi yang tersingkir oleh revolusi rakyat Yaman yang berkobar di bawah komando al-Houthi. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*