mobil isis terbakarKirkuk, LiputanIslam.com –  Di tengah keterdesakannya di Mosul ISIS berusaha mengalihkan perhatian dengan cara melancarkan serangan di kawasan lain. Serangan terbaru di antaranya ialah serbuannya ke kota kecil Rutba di bagian barat Irak dekat perbatasan negara ini dengan Yordania, setelah melancarkan serangan dramatis di Kirkuk.

Dalam serangan ke kota kecil Rutba yang terletak di tengah padang pasir dekat perbatasan Yordania, ISIS sempat beberapa saat menguasai kantor pejabat setempat dan mengeksekusi lima orang, beberapa di antaranya polisi, setelah menguasai dua kawasan di kota ini.

Para pejabat keamanan provinsi Anbar menyatakan telah terjadi kontak senjata sengit antara pasukan Irak dan para kombatan ISIS di berbagai kawasan Rutbah yang telah dibebaskan oleh pasukan Irak pada Mei lalu.

CNN mengutip keterangan para pejabat Irak bahwa pasukan Irak telah membunuh sedikitnya 16 kombatan ISIS, sementara pasukan Irak yang terbunuh lima orang. Otoritas setempat memberlakukan jam malam hingga pengumuman selanjutnya.

Sebelumnya, ISIS melancarkan serangan mendadak di Kirkuk setelah menyusup ke kota ini sejak dini hari Jumat lalu dengan cara menyamar dan mengenakan seragam polisi. Di situ mereka menyerang beberapa kantor pemerintah dan markas keamanan hingga menewaskan puluhan orang, 3 di antaranya warganegara Iran.

Serangan ISIS ini menyulut kontak senjata selama tiga hari sehingga otoritas setempat menerapkan jam malam. Mereka sempat menguasai beberapa bangunan tapi  kemudian berhasil ditumpas.

Gubernur Kirkuk Najmuddin Karim mengatakan, “Para penyerang berhasil ditumpas sepenuhnya, dan kehidupan di Kirkuk sudah kembali normal.”

Dia menambahkan, “Sekira 74 teroris DAESH (ISIS) tewas di tangan pasukan keamanan, dan beberapa lainnya ditangkap, termasuk pemimpin mereka yang merencanakan serangan.”

Menurutnya, pengakuan awal komandan ISIS menyatakan bahwa jumlah pelaku serangan ISIS ke Kirkuk itu 100 orang.

Media Kurdistan Rudaw mengutip pernyataan Ali Mousa Yadgar kepala komite keamanan daerah Tazeh bahwa AS berada di balik serangan ISIS ke Kirkuk.

Dalam jumpa pers dia mengatakan bahwa pada Jumat dini hari pekan lalu beberapa helikopter AS telah mendaratkan para teroris ISIS di sebuah area pegunungan antara kawasan Daquq dan Lailan di bagian selatan provinsi Kirkuk yang letaknya tak jauh dari kota Kirkuk. (mm/raialyoum/farsnews)

DISKUSI:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL