satelit fajr iranTeheran, LiputanIslam.com – Pemerintah Iran menyajikan kado istimewa kepada rakyatnya pada momen menjelang puncak peringatan HUTke-36 Revolusi Islam dengan meluncurkan satu lagi satelit terbaru buatan dalam negerinya yang diberinama “Fajr”.

Sebagaimana dilaporkan Alalam, peluncuran satelit ke orbit dengan roket Safir-e Fajr itu diselenggarakan melalui seremoni yang dihadiri Presiden Hassan Rouhani dan Menteri Pertahanan Hossein Dehghan pada Senin (2/2/2015). Dengan demikian, sejauh ini negara Republik ini sudah mengirim empat satelit ke orbit bumi.

satelit fajr2Berbeda dengan tiga satelit sebelumnya yang diberinama Omid, Rasad, dan Navid, satelit Fajr dilengkapi dengan micro motor yang memungkinkannya untuk melakukan perubahan posisi orbit.

Satelit terbaru buatan Departemen Pertahanan Iran dengan bobot 50 kg itu membawa misi pemantauan dan pencitraan dengan resolusi tinggi dan ditempatkan pada ketinggian antara 250 hingga 400 km.

Satelit itu dibawa roket Safir-e Fajr dengan kecepatan sekitar 8000 meter perdetik.

satelit fajr3Pada seremoni peluncuran satelit itu Presiden Hassan Rouhani mengucapkan selamat kepada rakyatnya sembari menegaskan bahwa para ilmuwan Iran telah memasuki babak baru di bidang sains antariksa.

Menhan Iran Brigjen Hossein Dehghan menyebutkan kesuksesan peluncuran satelit Fajr sebagai pertanda pesatnya perkembangan sains Iran di berbagai bidang teknologi mutakhir serta merupakan pendahuluan bagi negara ini untuk memasuki bursa jasa peluncuran satelit di dunia.

Dia juga menyatakan pihaknya berjanji di masa mendatang akan mempersembahkan prestasi-prestasi lain di bidang teknologi ruang angkasa dengan jerih payah para ilmuwan dan pakar Iran yang bekerja di Kementerian Pertahanan.

Puncak peringatan HUT ke-36 kemenangan revolusi Islam Iran 1979 akan berlangsung pada tanggal 11 Februari mendatang. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL