shalat di masjid al-aqsa palestinaBaitulMaqdis, LiputanIslam.com –   Jutaan umat Islam yang tersebar di berbagai negara dunia turun ke jalan-jalan atau berunjuk rasa menandai Yaum al-Quds atau Hari al-Quds Sedunia, Jumat (10/7.

Di Palestina sendiri, tepatnya di kota Baitul Maqdis (Yerussalem), sebagaimana dilaporkan kantor berita Palestina, Maan, puluhan ribu warga menyesaki  komplek Masjid al-Aqsha meskipun semua gerbangnya dijaga ketat, dan usai shalat Jumat slogan-slogan anti Israel membahana di tanah suci tersebut.

Mereka mengalir dari berbagai wilayah pendudukan Palestina termasuk Tepi Barat dan Jalur Gaza dan mulai memadati komplek Masjid al-Aqsha sejak Jumat pagi serta menggelar unjuk rasa meneriakkan kutukan terhadap agresi dan penindasan kaum Zionis terhadap bangsa dan umat Islam Palestina.

Jamaah membludak meskipun Israel menerapkan sistem keamanan ekstra ketat dengan melarang masuk perempuan di bawah usia 30 tahun dan pria di bawah usia 50 tahun.

Syeikh Azzam al-Khatib, kepala badan wakaf dan urusan Masjid al-Aqsha menyatakan bahwa di Hari al-Quds Sedunia masjid yang pernah menjadi kiblat pertama umat Islam ini kedatangan sekitar 250.000 jemaah.

Demonstrasi Hari al-Quds juga terjadi di Jalur Gaza. Di kota Gaza, masyarakat menggelar pawai dari Masjid Abu Hasirah hingga menara al-Shawa Hasra.

Unjuk rasa untuk menghidupkan perjuangan pembebasan al-Quds atau Baitul Maqdis dan Palestina secara keseluruhan dari cengkraman Israel ini  juga terjadi di berbagai negara, termasuk Lebanon, Suriah, Turki, Irak, Iran, Bahrain, Pakistan, India dan beberapa negara Eropa.
Demonstrasi serupa juga dilakukan oleh ribuan orang di beberapa kota besar di Indonesia, termasuk Jakarta, Semarang dan Surabaya.

Hari al-Quds Sedunia diperingati setiap tahun pada hari Jumat terakhir bulan suci Ramadhan atas gagasan pendiri Republik Islam Iran Imam Khomaini agar gerakan, semangat dan kepedulian  kepada perjuangan melawan Israel senantiasa hidup dalam sanubari setiap umat Islam dan bahkan setiap umat yang pro-kemerdekaan dan peduli kemanusiaan hingga bebasnya bumi Palestina dari cengkraman Zionis. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL