Teheran, LiputanIslam.com –   HUT 37 revolusi islam iran2 Jutaan rakyat Iran memadati jalanan di berbagai kota dan daerah negara ini untuk menandai peringatan HUT ke-37 kemenangan revolusi Islam Iran, Kamis (11/2), sementara Presiden Iran Hassan Rouhani dalam pidatonya pada peringatan ini menegaskan bangsa Iran menyukai dialog namun pantang tunduk kepada tekanan musuh.

Lautan massa itu menggelar long march di berbagai jalan utama kota, termasuk Teheran, ibu kota Iran, untuk mengenang peristwa kejayaan revolusi pimpinan Imam Khomaini yang menumbangkan rezim monarki Syah Pahlevi dukungan Amerika Serikat pada tanggal 11 Februari 1979.

Para pejabat tinggi Iran, termasuk Presiden Hassan Rouhani, juga turun ke jalanan bergabung dengan lautan rakyat di Teheran yang tak henti-hentinya meneriakkan yel-yel loyalitas mereka kepada revolusi Islam yang menelorkan pemerintahan republik Islam. الرئيس روحاني: ايران نالت استقلالها من ثورتها وتنشد السلام بالمنطقة

Selain Rouhani, hadir pula di tengah massa jenderal tersohor Iran Qasem Soleimani, komandan Pasukan Quds Korps Garda Revolusi Islam Iran, yang namanya berkibar karena banyak berkiprah dalam berbagai kemenangan perang melawan teroris di Irak dan Suriah.

Menurut Press TV sebanyak 5,200 wartawan dalam dan luar negeri meliput pesta akbar HUT kemenangan revolusi Islam Iran tersebut.
Pada rute longmarch di Teheran, pemerintah Iran memajang beberapa hasil perkembangan sains dan pertahanannya, termasuk roket pembawa satelit Simorgh dan rudal balistik Emad.

Pidato Presiden Iran

iran simorghPresiden Rouhani dalam pidatonya di depan lautan rakyat yang berkumpul di Azadi Square, Teheran, menegaskan bahwa Iran berhasil meraih kemerdekaannya melalui revolusi Islam, dan bangsa Iran pantang tunduk terhadap badai tekanan internasional seperti yang terjadi dengan skala yang sangat masif dalam 10 tahun terakhir.

“Di era perang yang dipaksakan (terhadap Iran oleh Irak yang didukung Barat dan Arab pada tahun 1980 – 1988) bangsa pemberani Iran telah memperlihatkan kepada dunia perlawanannya terhadap agresor dan bahwa bangsa besar ini pantang menyerah kepada sanksi internasional yang tiada taranya dalam 10 tahun terakhir,” katanya, sebagaimana dilansir al-Alam.

Dia menambahkan, “Musuh menganggukkan kepalanya kepada bangsa Iran setelah mereka menyadari bahwa bangsa ini pantang berkompromi dengan mereka. Dunia juga telah mengetahui bangsa Iran melawan adidaya bukan hanya di medan laga, melainkan juga gelanggang diplomasi.”

Dia juga mengatakan,”Negara-negara yang sudah terbiasa berbicara dengan bahasa kekerasan sudah menyadari bahwa bangsa Iran pantang menyerah kepada ancaman. Dunia mengetahui bahwa bangsa Iran tidak bisa diajak bicara kecuali dengan bahasa saling hormat, dan sekarang dunia ingin berinteraksi dengan bangsa Iran.”

Rouhani menepis tudingan bahwa Iran bermaksud mengacaukan stabilitas dunia, dan menilainya sama sekali tidak beralasan.

“Revolusi kami adalah revolusi kemerdekaan dan moral. Bangsa kami adalah bangsa revolusioner yang menyukai dialog dan logika. Setiap orang yang berusaha menyatukan Iran adalah revolusioner, dan revolusioner Iran adalah orang yang bercita-cita membangun negaranya dan mempersembahkan Islam kepada dunia.” HUT 37 revolusi islam iran

Dia juga menegaskan bahwa bangsa Iran berkompeten untuk memajukan dan membawa negaranya kepada status swasembada penuh.
Sebelum itu, kepada wartawan dia mengatakan bahwa partisipasi besar rakyat Iran dalam perayaan HUT ke-37 revolusi Islam ini menjadi bukti baru kontinyuitas tekad, dukungan dan kiprah mereka untuk merealisasi semua cita-cita revolusi Islam.

Menurutnya, wejangan Pemimpin Besar Revolusi Islam Iran Grand Ayatullah Ali Khamenei dan persatuan bangsa Iran menunjang  kelanjutan prestasi Iran dalamproses pencapaian semua cita-cita bangsa ini.

Dia juga memastikan bahwa Iran kini menjadi perhatian dunia berkat keamanan dan stabilitas yang dianugerahkan Allah Swt kepada bangsa dan negeri ini. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL