Sanaa, LiputanIslam.com –  Jutaan massa simpatisan Ansarullah di hari yang sama menggelar unjuk rasa akbar menandai tiga tahun agresi militer koalisi pimpinan Saudi. Unjuk rasa digelar beberapa jam setelah Saudi mengaku berhasil mencegat tujuh rudal balistik Yaman, Senin (26/3/2018).

Massa mengalir ke al-Sabin Square di Sanaa, ibu kota Yaman, sembari mengibarkan bendera Yaman dan poster pemimpin Ansarullah, Sayyid Abdel Malik al-Houthi.

Massa berdatangan bukan hanya dari kota Sanaa sendiri, melainkan juga beberapa kota dan daerah lain yang tersebar di beberapa provinsi.

Gerbang-gerbang kota Sanaa dialiri oleh mobil-mobil  massa yang mengalir dari berbagai penjuru.

Sehari sebelumnya, al-Houthi dalam pidatonya menyerukan kepada rakyat Yaman agar berpartisipasi dalam unjuk rasa akbar ini.

Ketua dewan politik di Sanaa, Saleh al-Samad, menyampaikan seruan kepada negara-negara anggota koalisi Arab pimpinan Arab Saudi setelah pasukan rudal Ansarullah melesatkan tujuh rudal balistik ke Saudi.

“Saya menyerukan kepada pasukan agresor; hentikan serangan udara kalian niscaya kami menghentikan rudal-rudal kami…  Pesan pasukan rudal tak lain adalah pesan perdamaian. Jika kalian menghendaki perdamaian maka tanggunglah perdamaian,” ujar al-Samad.

Dia mengingatkan negara-negara koalisi Arab “keharusan menggunakan kesempatan, dan beranjak menuju perdamaian yang adil di Yaman.”

Dia melanjutkan, “Kami juga mengajak semua pasukan lokal yang terpihak kepada agresor untuk kembali ke jalan yang benar demi mencapai kesefahaman mengenai berbagai persoalan.”

Dia juga mengimbau utusan PBB yang baru agar memahami penyebab kegagalan pendahulunya. (mm/alalam/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL