fox news geraldo riveraNewYork, LiputanIslam.com – Jurnalis senior stasiun TV Fox News, Geraldo Rivera, menyatakan bahwa negara yang berbahaya sebenarnya adalah Arab Saudi, bukan Iran. Dia menilai bahwa apa yang digembar-gemborkan selama ini bahwa Iran adalah negara yang berbahaya dan mengancam hanyalah omong kosong belaka.

Hal ini dia kemukakan dalam perdebatannya dengan presenter Fox News, Eric Bolling, dalam acara talk show O’Relly Factor, Jumat (24/4). Berikut isi perdebatan  antara keduanya, sebagaimana dilansir IJ Review, Minggu (26/4);

Bolling: “Saya takut terhadap nuklir Iran. Mengapa Anda tidak? Apakah Anda mengetahui apa yang saya dan jutaan orang lainnya tidak mengetahuinya?”

Rivera: “Apakah Anda juga takut kepada nuklir Pakistan dan India? Mengapa tidak?”

Bolling: “Sebab saya kira mereka tidak terlalu membenci segala sesuatu yang berbau Barat… Iran ingin menyapu Barat ke luar, ingin menyingkirkan Israel, dan membenci segala sesuatu tentang Amerika.”

Rivera: “Apa yang baru Anda sebutkan ini adalah progranda yang telah disuapkan kepada Anda oleh Saudi….Saya pikir, Saudi adalah sumber segala kejahatan… Saya berada di Afrika pada tahun 1998 ketika (terjadi) pemboman Kedutaan Besar (AS)… Kemudian, Anda juga memiliki (tragedi) 9 September. Siapa para pelaku serangan 9 September? 15 dari pelakunya adalah orang Saudi, semuanya Sunni.”

Perdebatan mulai memanas dan Rivera kembali menyebut-nyebut kata Sunni untuk Saudi, padahal kaum Sunni sendiri, sebagaimana direpresentasikan oleh kalangan Universitas al-Azhar, Mesir , menyebut mereka Wahhabi, bukan Sunni, mengingat banyak perbedaan tajam antara Sunni dan Wahhabi. Tokoh-tokoh Sunni di Pakistan dan Turki juga mengecam Wahabisme dan rezim Saudi. (Baca: Ketua Dewan Persatuan Sunni Pakistan: Tak Ada Bahaya Bagi Haramain Kecuali Dari Saudi Sendiri. Baca pula:   Jurnalis Terkenal Turki ini Anggap Dinasti Saudi dan Wahabisme Musuh Islam)

Bolling: “Siapa yang mendanai mereka?… Lacaklah uangnya, Geraldo?”

Rivera: “Dunia Muslim terbelah menjadi dua: Sunni-Syiah, Saudi-Iran…Siapa yang Sunni? Al-Shabaab, al-Nusra, al-Qaeda, ISIS, Boko Haram. Siapa mereka? Mereka adalah para ekstrimis Sunni yang tak ada kaitan apapun dengan Iran!”

Nama-nama yang disebut Rivera itu adalah nama-nama gerombolan dan organisasi teroris yang semuanya beraliran Wahabi yang tidak sama dengan mayoritas Sunni atau Ahlussunnah Waljamaah.

Bolling: “Didanai siapa, Geraldo?”

Rivera: “Didana oleh Saudi, Eric!”

Bolling: “Jika anda menelusuri jejaknya, Anda akan melihat jejaknya kembali ke Iran.”

Rivera: “Silakan saja jika Anda ingin memberi saya pernyataan yang mutlak omong kosong tentang siapa yang mendanai Sunni ini…Mereka semua adalah ekstremis Sunni yang didanai oleh unsur-unsur keluarga kerajaan Saudi!”

Bolling: “Anda mengatakan Saudi merupakan ancaman yang lebih besar untuk budaya barat, peradaban Barat, Amerika, dan sekutu kita daripada Iran? ”

Rivera: “ Saya bukan hanya berkata demikian, tapi saya juga mengatakan bahwa Saudi telah membeli begitu banyak kaum intelektual Amerika dan orang terdidik secara polotik, bahwa mereka telah benar-benar menipu dunia! ”

Bolling: “Saudi adalah salah satu sekutu kita, Geraldo.”

Sampai di sini perdebatan semakin memanas sehingga terjadi debat kusir yang riuh dan suara yang tumpang tindih.

Videonya yang diunggah di Youtube 24 April lalu dapat disaksikan di sini:

(mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL