babby ghoshAtlanta, LiputanIslam.com – Jurnalis dan analis saluran berita kabel Amerika Serikat (AS) CNN Bobby Ghosh mengatakan bahwa Arab Saudi bukan hanya eksportir minyak terbesar di dunia, tetapi juga sumber ideologi kebencian akibat doktrin Wahabi/Salafinya.

“Mereka (Arab Saudi) memang produsen minyak terbesar di dunia, tetapi mereka juga merupakan eksportir ideologi kebencian dan menjadikan kekayaannya yang diperoleh dari minyak sebagai dana ekspor. Mereka mendatangi komunitas-komunitas miskin di dunia, komunitas-komunitas Muslim. Mereka mengirim para penceramah untuk mengajarkan doktrin Wahabi di tempat-tempat yang penduduknya tidak menyetujui tafsiran partikar mereka,” ungkapnya, sebagaimana dimuat situs CNN, Selasa (20/1/2015).

Ghosh yang juga manajer editor situs berita bisnis Quartz dalam acara dialog televisi CNN menambahkan, “Mereka menganggap orang yang tidak menerima ideologinya sebagai murtad yang layak dihukum dengan hukuman yang terburuk.”

Pernyataan serupa pada acara yang sama juga dikemukakan oleh Terry Strada, janda salah satu korban tragedi 11 September 2001 AS.

“Arab Saudi tentu juga terkait dengan aktivitas teroris yang disaksikan oleh dunia dan didanai oleh Saudi,” ungkapnya.

Dia lantas meminta supaya dokumen rahasia setebal 23 halaman mengenai tragedi tersebut diungkap. Menurutnya, dalam dokumen itu terlihat jelas indikasi peran Saudi di balik serangan teror berupa penabrakan pesawat penumpang terhadap menara kembar WTC yang menewaskan sekitar 3000 orang di New York City tersebut. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*