Aljir, LiputanIslam.com –  Jurnalis kondang Aljazair dan komentator olahraga di channel beIN Sports yang berbasis di Qatar, Hafid Derraji, memberikan pesan tajam kepada negara-negara Arab bahwa Amerika Serikat (AS) tidak akan melindungi mereka sekalipun mereka “mempersembahkan harta karun.”

Peringatan ini disampaikan Derraji melalui akun Twitter-nya menyusul statemen Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump bahwa negara-negara kaya Timteng harus mendanai keberadaan pasukan AS di Suriah dan bahwa sebagian negara Arab itu tidak akan dapat bertahan eksis barang seminggu seandainya tidak diproteksi oleh AS.

“Bukanlah AS yang melindungi kalian walaupun kalian mempersembahkan harta karun kepadanya, melainkan rakyatlah yang menjadi pelindung bagi para penguasa, pemerintahan, dan entitasnya ketika mereka hormat dan mengabdi kepada rakyatnya. Sedangkan Trump maka cukuplah kiranya dia melindungi negara asalnya sendiri, Amerika, dan negara pertamanya, Israel,” tulis Derraji.

Sebelumnya, sembari menyatakanbahwa sebagian negara kaya Arab tak akan bertahan eksis barang seminggu tanpa proteksi AS, Trump mendesak “negara-negara kaya” Arab agar mendanai upaya membendung pengaruh Iran di Suriah.

Dalam jumpa pers bersama sejawatnya dari Perancis, Emmanuel Macron, di Gedung Putih, Selasa lalu, dia juga mengatakan bahwa AS telah menghabiskan dana US$ 7 triliun selama 18 tahun di Timteng, dan karena itu negara-negara kaya Arab juga harus mengeluarkan dana besar. Dia juga berharap negara-negara itu bersedia mengirim pasukannya ke Suriah.

Trum mengingatkan bahwa AS tidak akan terus menerus mengeluarkan dana besar sembari mempertaruhkan nyawa pasukannya tanpa ada tindakan yang sebanding dari negara-negara kaya Arab yang “tidak akan bertahan barang seminggu tanpa perlindungan AS.” (mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL