Ramadan Shallah and khameneiTeheran, LiputanIslam.com – Sekretaris Jenderal Jihad Islam Palestina Ramadan Abdullah Mohammad Shallah menyatakan pihaknya optimis para pejuang Gaza akan menang dengan dukungan penuh dari Republik Islam Iran.

Hal ini dia nyatakan dalam kunjungannya ke Iran saat dia beserta rombongan bertemu dengan Pemimpin Besar Revolusi Islam Iran Grand Ayatullah Ali Khamenei di Teheran, Kamis (18/10). Dia juga menyatakan bahwa mempersenjatai Tepi Barat sebagaimana dikatakan oleh Ayatullah Khamenei merupakan keharusan dalam strategi dan solusi perlawananPalestina terhadap militerisme rezim Zionis Israel.

“Kemenangan sudah pasti akan tercapai dengan dukungan Republik Islam Iran. Tanpa dukungan efektif dan strategis Iran maka tidak akan tersedia kemungkinan untuk melakukan perlawanan dan meraih kemenangan di Gaza… Kemenangan kubu muqawamah (perlawanan) di Gaza pada hakikatnya adalah kemenangan bangsa Palestina. Kebersamaan, kesabaran dan resistensi rakyat di tengah besarnya dampak peperangan tak seimbang ini telah menjadi teladan,” ungkapnya, sebagaimana dikutip kantor berita resmi Iran, IRNA.

Ramadan Abdullah mengapresiasi statemen-statemen Ayatullah Khamenei dalam peristiwa perang 51 hari di Gaza. Menurutnya, penegasan Khamenei terhadap keharusan mempersenjatai Tepi Barat untuk menghadapi militerisme Israel merupakan satu tema strategis dan menjadi solusi efektif yang telah memperkuat mental dan kemampuan para pejuang Palestina.

Mengenai janji bantuan beberapa negara untuk rekonstruksi Gaza dia mengaku tidak terlalu optimis.

“Kami tidak terlalu optimis kepada janji-janji ini. Untuk menutupi semua kerugian yang dihasilkan oleh serangan Israel, harapan kami hanyalah tertuju kepada Allah,” tuturnya.

Di pihak lain, Ayatullah Khamenei mengungkapkan rasa gembiranya atas ketangguhan dan kemenangan kubu muqawamah di Gaza serta ketidak berdayaan Israel memaksakan kehendaknya terhadap warga Gaza meskipun kawasan ini terkepung sedemikian rupa oleh musuh.

Dia menilai kemenangan ini sebagai isyarat akan terpenuhi janji Allah untuk kemenangan besar.

“Republik Islam Iran dan bangsa negara ini merasa bangga dengan kesolidan kubu muqawamah serta berharap rangkaian kemenangan akan terus berlanjut hingga tercapai kemenangan final,” ujarnya, sebagaimana dilaporkan Alalam.

Penerus Imam Khomaini itu menilai resistensi kawasan kecil Gaza dengan penduduk dan fasilitas yang serba terbatas di depan kekuatan militer Zionis yang didukung oleh banyak fasilitas bukanlah perkara sepele, melainkan satu peristiwa besar dan realitas yang menakjubkan.

“Sesuai perhitungan dan analisa sederhana, rezim Zionis Israel dengan segala fasilitas yang dimilikinya seharusnya bisa menang di hari-hari pertama perang, tapi nyatanya Israel gagal meraih semua tujuannya dan malah terpaksa menerima syarat-syarat kubu muqawamah,” ungkapnya.

Menurutnya, bukan tidak mungkin Israel akan mengulangi invasi militernya ke Jalur Gaza. Karena itu dia mengimbau para pejuang Palestina supaya meningkatkan kesiapan fisik dan mental yang didukung semua sarana yang diperlukan untuk mengantisipasi kemungkinan tersebut. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL