Damaskus, LiputanIslam.com – Presiden Suriah Bashar al-Assad menerima kunjungan delegasi Persatuan Pengacara Arab (Arab Lawyers Union) yang dipimpin oleh sekjen organisasi ini, Nasser Hamoud al-Kerween, ke Suriah, Senin (7/1/2019).

Dalam pertemuan ini, Presiden al-Assad menekankan pentingnya peranan organisasi masyarakat dalam menjaga dan meningkatkan kesadaran masyarakat Arab di tengah konspirasi dan bahaya yang membayangi mereka.

“Terutama bahaya upaya penghapusan identitas dan serangan terhadap budaya mereka yang ditujukan untuk melemahkan mereka, mengguncang keimanan mereka, dan merongrong daya pertahanan mereka atas hak mereka,” ujarnya.

Pertemuan ini juga membahas situasi di negara-negara Arab dan mekanisme untuk mengatasi masalah dan krisis yang mendera mereka.

Menurutnya, negara-negara Arab mengalami satu masalah yang sama tapi berbeda bentuk dan manifestasi. Dia mencatat bahwa langkah pertama dalam upaya penyelesaiannya adalah melalui dialog dan transparansi, “karena ketiadaan dialog membuat persoalan menjadi berakumulasi selama beberapa dekade.”

Di pihak lain, para anggota delegasi Persatuan Pengacara Arab menegaskan iktikad organisasi ini untuk berperan efektif melalui rencana sistematis dan proses untuk meningkatkan kesadaran di tengah masyarakat Arab, karena tahap selanjutnya bisa jadi akan lebih berbahaya, dan Barat akan mencoba menggunakan cara dan sarana baru  untuk memuluskan agenda-agendanya di kawasan.

Persatuan Pengacara Arab mengucapkan selamat kepada pemimpin, rakyat dan tentara Suriah atas kesolidan dan kekompakan mereka dalam perjuangan melawan terorisme yang menerjang mereka.

Organisasi ini  menegaskan dukungan mereka kepada pemulihan hubungan Suriah dengan negara-negara Arab, dan menyebutkan bahwa Suriah menjadi target konspirasi  karena keteguhannya pada prinsip-prinsip nasional dan Arab, terutama terkait dengan isu Palestina.

Rombongan delegasi Persatuan Pengacara Arab terdiri antara lain atas Ketua Persatuan Pengacara Arab, Ketua Asosiasi Pengacara Mesir, Ketua Asosiasi Pengacara Yordania, dan Sekjen Persatuan Pengacara Arab. (mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*