Astana, LiputanIslam.com –  Presiden Rusia Vladimir Putin dalam pertemuan dengan sejawatnya dari Iran Hassan Rouhani di sela-sela pertemuan puncak negara-negara sekitar Laut Kaspia di Kazakhstan, Ahad (12/8/2018), menegaskan pentingnya perjanjian nuklir Iran dan keharusan menjaganya.

Dalam pertemuan ini keduanya telah membahas mekanisme penguatan hubungan bilateral, regional dan internasional antara Iran dan Rusia.

Rouhani menekankan pentingnya optimalisasi hubungan bilateral Teheran-Moskow. Dia juga menyatakan bahwa partisipasi Iran dan Rusia dalam urusan Laut Kaspia akan menunjang kepentingan kedua bangsa.

“Kita harus berusaha mengubah Laut Kaspia sebagai samudera perdamaian dan persahabatan serta faktor untuk memperkuat hubungan dan partisipasi antar negara sekitarnya,” ungkap Rouhani.

Di pihak lain, Putin menyinggung adanya perkembangan hubungan kedua negara di berbagai bidang , dan bahwa Moskow siap meningkatkan hubungan bilateral dengan Iran di semua sektor yang diinginkan.

Dia kemudian menegaskan bahwa perjanjian nuklir Iran merupakan sebuah perjanjian penting berlevel internasional sehingga harus dipertahankan oleh semua pihak terkait meskipun Amerika Serikat telah menarik diri secara sewenang-wenang dari perjanjian yang dinamai Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA) ini. (mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*