Anbar, LiputanIslam.com – Ratusan teroris anggota kelompok ekstremis Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) menyerah kepada aliansi Kurdi-Arab Suriah yang bernama Pasukan Demokrasi Suriah (SDF) di distrik Hajin di bagian timur Suriah dekat perbatasan Irak.

Pemimpin pasukan adat kawasan barat provinsi Anbar, Irak, Sheikh Qatiri Samarmad al-Obeidi, Jumat (15/2/2019), mengatakan kepada laman berita al-Furat News, “Lebih dari 450 anggota ISIS menyerah kepada SDF di distrik Hajin, Suriah, dekat perbatasan Irak.”

SDF yang didukung AS, Jumat, mengambil kendali penuh atas distrik Hajin yang semula menjadi basis ISIS terbesar di daerah kantung terakhir  kelompok ini di provinsi Deir al-Zour di bagian timur laut Suriah setelah berkobar pertempuran sengit yang menimbulkan banyak kehancuran di distrik tersebut.

Dilaporkan bahwa ISIS kini terkepung di sebuah kawasan sempit dengan luas kurang dari 80 kilometer persegi yang membentang di sepanjang sisi Sungai Eufrat dari desa Al-Bukhater dan desa Abu Hassan di sebelah timur Hajin, bahkan hingga ke perbatasan Suriah-Irak.

ISIS yang tersebar di area seluas sekira lima kilometer, sebelah timur sungai Efrat di utara Abu Kamal, dari arah utara terkepung oleh SDF, sedangkan dari arah selatan terkepung oleh Pasukan Arab Suriah (SAA) yang merupakan pasukan pemerintah Suriah. (mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*