intifada 3-5Ramallah, LiputanIslam.com – Jumlah syuhada Palestina dalam Intifada III atau Intifada al-Quds yang dimulai sejak awal Oktober 2015 terus membengkak dan mencapai 100. Angka genap ini dilaporkan setelah satu pemuda Palestina gugur di tangan pasukan Zionis di desa Qatna di utara Baitul Maqdis, Kamis (26/11).

“Yahya, 21 tahun, gugur syahid diterjang peluru yang mengena bagian kepalanya dalam bentrokan di desa Qatna,” ungkap Departemen Kesehatan Palestina, sebagaimana dilansir lembaga pemberitaan Palestina, Sama.

Bentrokan di desa itu terjadi sejak Kamis pagi menyusul serbuan dan aksi razia pasukan Israel dari rumah ke rumah. Malam sebelumnya pasukan Israel sudah mengepung desa itu dan dini hari mereka masuk ke desa itu lalu mendapat perlawanan dari penduduk setempat.

Bus Tentara Israel Terguling

Sementara itu, sedikitnya satu tentara Israel tewas dan sekitar 50 tentara lainnya luka-luka akibat bus yang mereka tumpangi terguling di timur laut Ramallah, Tepi Barat.

Al-Quds al-Arabi Kamis (26/11) melaporkan tujuh di antara puluhan korban yang selamat menderita luka parah.
Menurut Haaretz, satu korban yang tewas adalah tentara perempuan, dan semua korban adalah tentara. Bus itu terguling di wilayah permukiman Kohav Hashahar dekat Tepi Barat.

Polisi Israel menyatakan insiden ini merupakan kecelakaan biasa akibat pengemudinya kehilangan kontrol kendaraan, dan bukan akibat serangan orang Palestina.

Seperti diketahui, berbagai wilayah pendudukan Palestina dalam dua bulan terakhir bergelak akibat perlawanan orang-orang Palestina terhadap aksi-aksi provokatif kaum Zionis di komplek Masjidil Aqsa.

Kaum Zionis ditengarai mencoba merebut tanah suci itu, termasuk dengan cara menerapkan terlebih dahulu pembagian jam dan lokasi kunjung di komplek itu antara umat Islam dan umat Yahudi. Sedikitnya 22 orang Israel tewas akibat perlawanan umat Islam Palestina. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL