tragedi mina saudi2Mekkah, LiputanIslam.com –   Lembaga penyelenggara haji dan ziarah Iran dalam sebuah statemennya yang dirilis Kamis kemarin (1/10) mengumumkan bahwa jumlah korban tewas asal Iran dalam Tragedi Mina membengkak lagi menjadi 464 orang.

Sebagaimana dilaporkan Alalam, lembaga ini menyatakan bahwa setelah dilakukan upaya secara maraton selama tujuh hari untuk mencari dan mengetahui nasib para jemaah haji Iran di berbagai rumah sakit dan pusat kesehatan di Mekkah, Madinah, Jeddah, Taif dan kawasan-kawasan Mina dan Arafah telah ditemukan kenyataan memilukan bahwa jumlah korban meninggal dunia jemaah haji Iran mencapai 464 orang, sedangkan korban selamat yang masih terbaring di rumah sakit berjumlah 14 orang.

Pada musim haji tahun ini Iran mengirim jemaah haji sebanyak 64000 orang.

Otoritas Saudi Kamis kemarin juga telah merilis daftar seluruh jumlah korban meninggal dari berbagai negara, setelah sebelumnya menyangkal data informal yang menyebutkan total jumlah korban meninggal mencapai lebih dari 4000 orang.

Sebagaimana dimuat situs Emirat24, dalam daftar itu tercatat jumlah korban meninggal sebagai berikut; Iran 464, Mesir 84, Nigeria 64, Mali 60, Indonesia 57, Pakistan 46, India 45, Nigeria 22, Kamerun 20, Pantai Gading 14, Chad 11, Aljazair 11, Sinegal 10, Maroko 10, Somalia 8, Libya 4, Tanzania 4, Kenya 3, Tunisia 2, Burkina Faso 1, dan Burundi 1.

Meski demikian, sebagaimana dilaporkan Liputan6, dalam data terbaru dari Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) tercatat bahwa jemaah haji Indonesia yang meninggal mencapai 59 orang, empat di antaranya adalah WNI yang bekerja dan tinggal di Arab Saudi. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL