nasrallah 2Beirut, LiputanIslam.com – Sekjen Hizbullah Hassan Nasrallah dilaporkan akan angkat bicara pada Jumat sore waktu Lebanon dalam rangka mengenang  para anggota milisi ini yang gugur diserang Israel di Quneitra, Suriah.

Koran Lebanon al-Safir menyebutkan bahwa pidato Nasrallah akan menjadi pesan yang relevan dengan perkembangan situasi terakhir di mana agresi Rezim Zionis Israel pasti akan mendapat reaksi telak dari kubu muqawamah (perlawanan).

Seperti diketahui, Hizbullah Rabu 28 Januari 2015 melancarkan serangan balasan dengan menggempur konvoi kendaraan lapis baja Israel di kawasan pertanian Sheeba hingga menjatuhkan beberapa korban tewas dan luka di pihak Zionis.

Minggu 18 Januari 2015 Hizbullah mengumumkan tentara Israel telah menyerang milisi Hizbullah di Quneitra hingga menggugurkan enam anggota Hizbullah dan satu jenderal Iran.

Koran al-Safir menyebut serangan balasan Hizbullah sebagai operasi yang bersih, istimewa, piawai dan sangat inovatif.
“Pasukan muqawamah menguasai pentas operasi, dapat menguasai diri dan mengendalikan inisiatif sejak peluncuran roket pertama terhadap konvoi musuh hingga mereka menarik diri dari lokasi,” tulis al-Safir.

Menurut koran ini, menyusul insiden Quneitra telah terjadi diskusi intensif di jajaran pimpinan Hizbullah mengenai berbagai opsi serangan balasan sambil berkonsultasi dengan Teheran dan Damaskus hingga kemudian diputuskan untuk melancarkan serangan balasan melalui kawasan pertanian Shebaa secepatnya demi mencegah tindakan Israel mengeksploitasi insiden serangan Quneitra.

Sementara itu, Menteri Pertahanan Israel Moshe Ya’alon mengakui kendaraan lapis baja pasukan Israel rentan di depan roket-roket baru Hizbullah.

“Meskipun mobil-mobil jeep Israel anti peluru dan berlapis baja namun tidak akan dapat membuat pengendaranya selamat,” ungkap Ya’alon, sebagaimana dikutip Palestinian Information Center. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*