GazaCity, LiputanIslam.com –   Sekretaris Jenderal faksi Jihad Islam Palestina Ramadan Shallah mengingatkan kepada sejumlah negara Arab supaya berhenti berusaha menormalisasi hubungan mereka dengan negara ilegal Zionis Israel.

“Rezim Zionis sudah keteteran, normalisasi hubungan dengannya tidak akan membantu negara-negara ini,” tegasnya dalam pidato melalui konferensi video dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad saw, sebagaimana dilansir IRNA, Jumat (25/12).

Shallah  juga mengimbau Otoritas Palestina dan gerakan Fatah supaya menghentikan koordinasi keamanan dengan Israel dan tidak lagi menaruh harapan pada perundingan dan opsi damai dengan Israel.

Dia menegaskan bahwa intifada 2 Palestina yang sedang berlangsung sekarang telah menyudutkan semua pihak yang terkait perundingan damai, dan kini Palestina sudah kembali kepada apa yang seharusnya diprioritaskan setelah hal itu diabaikan oleh banyak pihak.

Secara terpisah, ketua otoritas Palestina Mahmoud Abbas menyatakan bangsa Palestina terus berjuang untuk mendirikan negara merdeka.

“Bangsa Palestina kini sedang menghadapi tantangan besar, namun mereka akan tetap berjuang untuk mendirikan negara merdeka Palestina yang beribu kotakan Baitul Maqdis (Yerussalem),” ungkapnya dalam sebuah acara yang digelar oleh wali kota Bethlehem, Tepi Barat, seperti dikutip al-Youm7.

Pada acara itu dia juga menyampaikan ucapan selamat kepada umat Islam atas peringatan Maulid Nabi Muhammad saw serta ucapan selamat Hari Raya Natal kepada umat Nasrani atas kelahiran Nabi Isa al-Masih as.

Sementara itu, kanyor berita Palestina Maan mengutip pernyataan sumber-sumber Palestina bahwa Gerakan Perlawanan Islam Palestina, Hamas, telah mengujicoba 14 rudal yang 12 di antaranya diluncurkan dari pusat kota Gaza, dua lainnya diluncukan dari kawasan Rafah, dan semuanya ditembakkan ke arah laut.

Menurut Maan sendiri, rudal-rudal itu dibuat di wilayah di Jalur Gaza dan ditembakkan Hamas ke arah laut dalam rangka latihan dan ujicoba. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL