jet-tempur-turki-dan-rusiaAnkara, LiputanIslam.com –   Militer Turki Senin lalu (2/1/2017), mengumumkan bahwa pasukan udara Turki dan Rusia sama-sama menggempur posisi-posisi ISIS di Suriah utara.

“Dalam operasi ini sebanyak 111 sasaran telah digempur, dan sedikitnya 22 anggota ISIS tewas,” ungkap militer Turki di laman resminya, seperti dikutip IRNA, Selasa (3/1/2017)

Ditambahkan bahwa posisi-posisi ISIS yang dihajar berada di kawasan Deir Qaq, 8 km selatan kota al-Bab, dan Turki terus melanjutkan dukungan darat dan udaranya kepada operasi pembebasan kota al-Bab yang dilancarkan oleh kubu oposisi Suriah.

Operasi bersama angkatan udara Rusia dan Turki tercatat sudah dua kali ini. Kali pertama dilakukan Kamis pekan lalu atas permintaan Turki supaya jet-jet tempur Rusia turut mengganyang ISIS di al-Bab.

Operasi udara Rusia dilancarkan di al-Bab ketika Turki mengecam keengganan pasukan koalisi internasional pimpinan Amerika Serikat menyokong operasi militer Turki di al-Bab. Selain itu, Turki juga menuding Barat tidak serius memerangi ISIS.

Operasi pembebasan al-Bab sudah berlangsung sekian minggu, dan tak sedikit kerugian yang dialami Turki dalam operasi ini. Tercatat sedikitnya 20 tentara Turki tewas dan 85 lainnya luka-luka.

Pekan lalu Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan operasi pembebasan al-Bab akan segera usai, tapi hingga kini belum ada laporan mengenai masuknya pasukan Turki ke al-Bab.

“Pengepungan al-Bab akan segera berakhir, dan selanjutnya adalah kota Manbij dan Raqqah,” ungkapnya.

Turki melancarkan operasi militer di Suriah utara dengan sandi “Perisai Furat” sejak 24 Agustus lalu. (mm/irna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL