Damaskus, LiputanIslam.com –  Militer Suriah menyatakan satu unit jet tempurnya hilang di provinsi Idlib dekat perbatasan Turki. Sumber militer Suriah dalam keterangan persnya, Sabtu (4/3/2017),  menyatakan, “Telah terputus komunikasi dengan jet tempur yang menjalankan misi pengintaian dekat perbatasan Turki, pilotnya tak diketahui nasibnya, dan pencarian masih dilakukan sampai sekarang.”

Beberapa jam sebelumnya, kelompok bersenjata Ahrar al-Sham mengaku telah menjatuhkan jet tempur pemerintah Suriah di provinsi yang sama di bagian barat laut negara ini dekat perbatasan Turki.

Di beberapa medsos beredar keterangan aktivis oposisi bahwa Ahrar al-Sham telah menembak jet tempur yang terbang rendah dengan senjata anti jet tempur kaliber 23 mm di provinsi Idlib. Mereka mengaku melihat tanda-tanda pesawat itu jatuh.

Gubernur provinsi Hatay, Turki, Erdal Atal, mengonfirmasikan jatuhnya pesawat tempur milik militer Suriah.

Dia menduga jet tempur itu mengalami kecelakaan akibat kerusakan teknis, tapi Ahrar al-Sham kemudian memberitahu media Turki bahwa mereka telah menembak jatuh jet tempur itu.

Menurut Atal, tim penyelamat Turki yang dikirim ke lokasi jatuhnya pesawat melaporkan ruang kokpit kosong dan diduga para pilotnya telah menyelamatkan diri dengan mengaktifkan kursi lontar.

Ditanya mengenai kemungkinan terjadinya pelanggaran zona udara Turki, Ata menepis kaitan peristiwa ini dengan pelanggaran zona  udara. Dia mengungkapkan dugaannya bahwa hal ini terjadi karena “problema teknis atau faktor lain.”

“Tak ada campurtangan dari pihak kami mengenai jatuhnya pesawat ini. Sampai sekarang kami belum mengetahui apakah terjatuh karena kerusakan teknis atau tertembak,” imbuhnya.

Perdana Menteri Turki Binali Yildirim juga angkat bicara dengan mengatakan bahwa pesawat MIG-23 telah jatuh kota Samandag, provinsi Hatay, namun dia mengatakan tak jelas mengapa jet tempur itu jatuh.

“Mungkin akibat kondisi cuaca,” kata Yildirim, seperti dikutip Reuters. (mm/rayalyoum/itv/bbc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL