Syrian-Air-Force_MiG-21Beirut, LiputanIslam.com – Angkatan Udara Suriah telah menggempur posisi-posisi militan Daulat Islam Irak dan Suriah (ISIS) di berbagai kawasan dekat perbatasan negara ini dengan Irak, demikian dilaporkan Lembaga Pengawas HAM Suriah Ahad (15/6/2014).

LSM yang bermarkas di Inggris itu menyatakan, sejak Sabtu (14/6/2014) jet-jet tempur Suriah mengebom markas ISIS, terutama di kota Raqqa di bagian utara Suriah dan Hasakah di bagian timur laut yang berbatasan dengan Irak.

“Ini merupakan pertama kalinya pengeboman dilancarkan sedemikian sengit,” ujar Rami Abdul Rahman, direktur Pengawas HAM Suriah.

Menurutnya, serangan sengit itu dilakukan tentara Suriah karena milisi ISIS membawa masuk peralatan tempur dan senjata berat yang ditinggalkan tentara Irak di Mosul, Irak, terutama tank dan mobil-mobil hummer.

Di Raqqah, lanjut lembaga tersebut, angkatan udara Suriah mengebom kawasan sekitar kantor gubernur yang dijadikan ISIS sebagai markas utamanya, serta kantor Mahkamah Syariat dan gedung Qasr al-Diyafah. Lembaga ini tidak menyebutkan korban yang kemungkinan jatuh akibat serangan tersebut. Sedangkan di Hasakah, serangan udara Suriah menyasak posisi ISIS di kawasan al-Shaddady yang terletak di pinggiran timur kota Hasakah.

Rami menambahkan bahwa serangan itu dilakukan secara terkordinasi dengan otoritas Irak yang sedang menyiapkan operasi serangan untuk merebut kembali beberapa kawasan utara Irak yang masih dikuasai ISIS. (mm/alraialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL