jet turnado saudiLondon, LiputanIslam.com – Jumlah jet tempur buatan Inggris yang dimiliki kerajaan Arab Saudi mencapai dua kali lipat jumlah jet tempur Angkatan Udara Kerajaan Inggris (RAF) sendiri. Demikian dilaporkan Harian Daily Telegraph (DT), Rabu (6/5).

“Jet tempur Turnado GR4 dan Eurofighter Thyphon buatan Inggris memainkan peranan sentral dalam kampanye pemboman Angkatan Udara (AU) Kerjaaan Saudi terhadap pemberontak Houthi yang dibeking Iran di Yaman,” tulis DT.

Menurut DT, sumber-sumber militer Saudi mengaku mengerahkan sekitar 100 unit jet tempur dalam operasi pembombardiran yang dilakukan hampir setiap hari terhadap posisi-posisi Houhti. Dari jumlah ini ada sekitar 50 unit jet tempur buatan Inggris dan Eropa yang telah dijual ke Arab Saudi selama 30 tahun terakhir. Saudi juga telah mengeluarkan biaya sekira $ 2.5 milyar untuk meng-upgrade Turnado.

Menyinggung turunnya anggaran RAF dan jumlah jet tempur garis terdepan negara ini, DT menyebutkan bahwa mantan komandan RAF Sir Michael Graydon kuatir negaranya bahkan tidak mampu lagi melancarkan 30 kali operasi udara dalam situasi darurat.

“Untuk melancarkan serangan dalam jangka waktu lama seperti yang dilakukan Saudi di Yaman Anda memerlukan banyak jet tempur dan banyak kru udara untuk menerbangkannya, sedangkan kita benar-benar tidak memiliki jumlah sedemikian besar akibat pemangkasan anggaran,” keluh Graydon.

Sumber-sumber militer Saudi memperkirakan bahwa jet-jet tempur Saudi telah menjalankan sekitar 2,200 misi tempur sejak negara ini memulai serangannya ke Yaman dengan sandi Badan Mematikan pada bulan Maret lalu. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL