روسيا تبدأ بتوجيه ضربات نوعية لمواقع "داعش" بسورياDamaskus, LiputanIslam.com –   Kementerian Pertahanan (Kemhan) Rusia mengumumkan bahwa jet-jet tempur negara ini sudah mulai beraksi di Suriah dan berhasil menghancurkan peralatan militer dan gudang-gudang senjata kelompok teroris ISIS di provinsi Homs, Hamah dan Latakia.

Sebagaimana dilaporkan Russia Today, pengumuman itu dinyatakan oleh juru bicara Kemhan Rusia Mayjen Igor Konashenkov Rusia Rabu (30/9). Dia menjelaskan bahwa beberapa jet tempur Rusia dan Suriah telah melancarkan serangan udara terhadap posisi-posisi teroris di tiga provinsi tersebut.

“Sesuai dengan keputusan Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata Rusia Vladimir Putin, pesawat  tempur dari Aerospace Angkatan Bersenjata Rusia hari ini memulai operasi  dengan melancarkan serangan udara secara tepat terhadap target-target darat IS (ISIS) di Suriah,” kata Konashenkov.

Menurutnya, Menteri Pertahanan Rusia Sergey Shoygu telah memberitahukan kepada negara-negara mitranya dalam Organisasi Perjanjian Keamanan Bersama  (Collective Security Treaty Organization /CSTO) perihal misi dan tujuan operasi jet tempur Rusia tersebut.  Shoygu menginformasikan kepada para sejawatnya di CSTO bahwa jet tempur Rusia mengincar target-target berupa perlengkapan militer, titik kontak, kendaraan dan gudang-gudang senjata kawanan teroris.

Sebelumnya di hari yang sama Dewan Federasi Rusia telah bersepakat memberikan mandat kepada Presiden Rusia Vladimir Putin untuk menggunakan angkatan bersenjata negara ini di luar negeri. Namun Kepala Staf Kremlin Sergey Ivanov menyatakan bahwa mandat itu hanya berkenaan dengan penggunaan angkatan udara saja.

Sumber-sumber yang terafiliasi dengan oposisi Suriah juga sudah mengendus aksi jet-jet tempur Rusia di sekitar Homs, Suriah.
“Jet-jet tempur yang menyerang kota Talbiseh (di bagian utara Rif Homs) tidak seperti jet-jet tempur yang biasa terlihat di angkasa kota ini. Jet-jet tempur itu baru dan tidak seperti jet tempur rezim (Suriah) karena jet-jet tempur itu tak terdengar suaranya sebelum melakukan pemboman,” ungkap salah satu sumber itu di TV Mubasher.

Menurut pihak oposisi Suriah, ada dua jet tempur melesat pada posisi yang sangat tinggi. Mereka menduga itu merupakan jet-jet tempur baru Rusia yang diterbangkan dari bandara Hamimim di provinsi Latakia. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL