F-16 israel2GazaCity, LiputanIslam.com –  Jet tempur Israel dilaporkan telah melancarkan serangan ke beberapa kawasan di Jalur Gaza, Kamis kemarin (4/6). Laporan beberapa media menyebutkan bahwa selain  menyerang posisi-posisi Gerakan Perlawanan Palestina, Hamas, serangan udara pasukan Zionis juga membom kota Khan Yunis, namun tidak ada laporan mengenai akibat serangan itu.

Serangan itu dilakukan Israel setelah mengklaim terdapat tiga roket melesat dari arah Gaza ke kawasan permukiman Zionis di Askelon dan Netivot.

“Jet tempur pasukan pendudukan (Israel) jenis F-16 telah melancarkan empat kali serangan udara dengan melepaskan beberapa roket terhadap posisi-posisi muqawamah di kota Gaza dan Khan Yunis hingga menimbulkan banyak kerusakan pada beberapa rumah, namun tidak tercatat adanya korban di kalangan warga,” ungkap sebuah sumber keamanan Palestina, seperti dikutip Alalam.

Para saksi mata mengatakan bahwa serangan udara itu menyasak tiga posisi sayap bersenjata Hamas, Brigade Ezeddin al-Qassam di kawasan utara dan selatan Gaza, termasuk sebuah tempat pelatihan di kawasan al-Maqwasi, mengakibatkan kerusakan pada tempat itu dan beberapa rumah yang bersebelahan dengannya.

Sumber keamanan Palestina di Jalur Gaza mengatakan jet tempur Zionis juga menembakkan dua roket ke sebuah lokasi pelatihan militer Brigade al-Qassam di kawasan Hatin di barat kota Khan Yunis.

Sebelumnya, sebuah kelompok ekstrimis Salafi/Wahhabi Kamis kemarin mengaku bertanggungjawab atas serangan roket dari Jalur Gaza ke Israel yang terjadi pada Rabu malam sebelumnya.

Menurut laporan al-Youm al-Sabea, pengakuan kelompok yang terafiliasi dengan ISIS dan menamakan dirinya “Kelompok Syekh Umar Hadid di Beit al-Maqdis” itu dinyatakan dalam sebuah statemen di laman internetnya.

Mereka mengaku telah menembakkan tiga roket dengan tujuan membalas Hamas karena faksi pejuang Palestina ini telah membunuh salah satu kader kelompok Wahhabi itu di Gaza. Statemen itu juga menegaskan bahwa mereka akan terus menempuh jalan mereka sendiri.
Kelompok itu juga pernah mengaku bertanggungjawab atas penembakan roket ke kota Ashdod yang berjarak 40 km dari Gaza pada 26 Mei lalu.

Israel sendiri menyatakan pada Rabu malam tiga roket telah menimpa beberapa kawasan di bagian selatan Israel. Hal ini kemudian menjadi alasan Israel untuk melancarkan serangan ke kota Gaza dan Khan Yunis pada Kamis pagi. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL