TelAviv, LiputanIslam.com –  Jerussalem Post menghapus artikelnya yang memberitakan pernyataan kalangan militer Israel bahwa tentara negara Zionis ini telah menyuplai senjata dan dana kepada para pemberontak Suriah di kawasan Golan.

Berita itu dipublikasi oleh media Israel tersebut pada Selasa lalu (4/9/2018) dengan judul: “IDF (Pasukan Pertahanan Israel, red.) Mengkonfirmasi: Israel Menyediakan Senjata Ringan Untuk Pemberontak Suriah.”

Dalam berita ini disebutkan bahwa untuk pertama kalinya militer mengaku telah memberikan dana, senjata, dan amunisi kepada militan yang beraktivitas di wilayah Suriah di dekat perbatasan Israel. Artikel ini dihapus tak lama setelah dipublikasi, namun masih bisa dilacak dengan menggunakan cache Google.

IDF menyatakan enggan berkomentar tentang laporan itu, dan Jerusalem Post belum menanggapi pertanyaan mengapa artikel itu diabaikan.

Israel sudah lama dicurigai menyuplai senjata untuk kelompok-kelompok militan yang beroperasi di wilayah perbatasan dengan harapan dapat membuat “zona penyangga” terhadap Hizbullah dan pasukan Iran yang beroperasi di Suriah selatan. Damaskus sebelumnya mengklaim bahwa senjata yang disita dari kelompok-kelompok militan di Golan memiliki prasasti Ibrani.

The Wall Street Journal tahun lalu melaporkan bahwa Israel “secara rutin memasok” pemberontak Suriah dengan uang tunai untuk “membantu membayar gaji dan membeli amunisi dan senjata.” Militer Israel menolak untuk mengkonfirmasi laporan itu sembari mengaku berkomitmen “memberikan bantuan kemanusiaan kepada orang-orang Suriah yang tinggal di daerah tersebut. ”

Keleompok bersenjata Fursan al-Joulan adalah satu di antara sedikitnya tujuh kelompok diyakini telah menerima senjata dari Israel. Kelompok ini juga dilaporkan telah berpartisipasi dalam operasi Israel untuk mengevakuasi ratusan anggota kelompok kontroversial Helm Putih Helm dari Suriah. Kelompok ini juga diyakini telah menerima lebih dari $ 5.000 per bulan dari Israel. (mm/rt/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*