suriah jenderal saadounDamaskus, LiputanIslam.com – Para aktivis dan sumber-sumber militer Suriah menyatakan bahwa komandan Divisi 10 Pasukan Arab Suriah (SAA) Mayjen Hassan Saadoun terbunuh dalam pertempuran melawan pasukan teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di timur laut provinsi Raqqa. Demikian dilaporkan IRNA dan ARA News, Jumat (24/6).

Diberitakan bahwa dia terbunuh dalam pertempuran SAA dengan ISIS di kawasan dekat kota kecil Tabqa, provinsi Raqqa.

Seorang pejabat militer Suriah mengonfirmasikan keterbunuhan Jenderal Saadoun.

“Mayjen Divisi 10 ini gugur syahid dalam pertempuan dengan teroris DAESH (ISIS),” kata pejabat anonim itu kepada ARA News.

Dia menambahkan, “Betapapun demikian, operasi (pembebasan) pangkalan udara Tabqa tetap berlanjut. Pasukan kami bertekad untuk melakukan apa saja demi merebut kembali tanah Suriah dari para teroris itu.”

Media lokal para aktivis menyatakan bahwa jenderal itu terbunuh tiga hari lalu, tapi pemerintah Suriah tidak mengeluarkan pernyataan tentang ini.

“Ini merupakan pukulan baru bagi pemerintah Assad. Merebut pangkalan udara Tabqa tampaknya perlu upaya lebih besar dari pasukan pemerintah, sejak ISIS mengerahkan ratusan militan untuk mempertahankan pangkalan udara itu,” katanya.

Seperti pernah diberitakan, pasukan Suriah terpukul mundur oleh serangan ISIS dengan menggunakan roket berbahan kimia ketika SAA sudah mendekati pangkalan tersebut sejarak 5 atau 7 km. (Baca: Diserang Senjata Kimia Oleh ISIS, Pasukan Suriah Mundur Jauh(mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL