Teheran, LiputanIslam.com – Kota Abu Kamal, Suriah, yang terletak di wilayah perbatasan negara ini dengan Irak, sudah pernah dikabarkan bebas oleh sejumlah media berdasarkan keterangan sumber-sumber di  lapangan, tapi setelah itu pertempuran Pasukan Arab Suriah (SAA) dan kelompok-kelompok bersenjata sekutunya melawan kelompok teroris ISIS di sana masih sempat berlangsung.

Beberapa hari lalu Komandan Pasukan Quds Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC) Mayjen Qasem Soleimani dikabarkan berada di sana dan bahkan memimpin langsung jalannya operasi pembebasan Abu Kamal.

Minggu kemarin (19/11/2017) kota di provinsi Deir Ezzor itu diumumkan berhasil dibebaskan sepenuhnya oleh SAA dan sekutunya yang terdiri atas IRGC, Hizbullah, Fatemiyoun, Zainabiyoun, dan Haydariyoun.

Dilaporkan bahwa ISIS terusir dari kota itu setelah berkobar pertempuran sengit yang menewaskan dan melukai puluhan teroris dan menghancurkan sejumlah peralatan tempur mereka, dan kini SAA dan sekutunya sedang menggelar operasi penyisiran dan sterilisasi kawasan dari ranjau dan bahan peledak yang ditinggalkan ISIS.

Sumber media Lebanon mengatakan, “Kami melihat langsung Jenderal Qasem Soleimani mengelola sendiri pertempuran di Abu Kamal. Sepanjang waktu dia berada di front terdepan, namun sangat tawadhu’ (merendah) dalam berinteraksi di tengah pasukan. Dia mengikuti semua langkah dan terus meningkatkan mental pasukan.” (mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL